Yang namanya zaman modern ini, bisa ada berbagai istilah-istilah dengan arti yang unikm apalagi dalam negara Jepang. Kita sudah melihat yang lumayan umum seperti Itasha, dan variasinya yang lain seperti ItaTent atau ItaBag. Selain itu juga ada kata-kata yang lain lagi seperti Babumi atau Nuuhara. Nah kali ini ada istilah Jepang yang lain lagi yang menarik mina-san. Kali ini kita akan bicarakan Cheki-Han atau Cheki-Meshi.

Apakah itu Cheki-han atau Cheki-meshi? Pada bagian inti sih mungkin dibandingkan dengan Mukbang, pada bagian Makan Bersama. Tapi kalau Mukbang lebih pada menonton orang lain makan, dan kita bisa pakai untuk makan sambil menonton video itu.

Untuk Cheki-han atau Cheki-meshi, dari segi kata (チェキ飯) bisa diartikan makan dengan foto. Karena kata Cheki adalah sebutan di Jepang untuk foto hasil kamera Polaroid, kamera yang begitu mengambil foto, langsung otomatis dicetak kamera itu sendiri. Sedangkan kata Han/Meshi berarti nasi/makanan.

Tapi ada elemen penting lain lagi, Konten fotonya adalah idol. Jadi Cheki-han atau Cheki-meshi adalah makan sambil didampingi foto idol idaman. Dan banyak yang membagikan foto Cheki-han ini dalam sosmed seperti Twitter dengan hashtag foto tersebut, ala aktivitas foodstagram.

Selain itu, yang menarik lagi dari hal ini adalah variasinya. Memang yang umum adalah dengan meletakkan foto idol dekat makanan, tapi ada juga fans yang memiliki variasi tersendiri dalam melakukan Cheki-han tersebut

Salah satunya yang menambah imersi lagi, adalah memakai foto dimana sang idol bersama dengan pemilik foto, misalkan dari event meet & greet. Atau bisa juga dengan memakan makanan yang disukai sang idol atau makanan yang ingin dimakan oleh sang idol.

Dan ada yang lebih.. extreme lagi, yang ternyata adalah cara Cheki-han dilakukan dulu. Karena hal ini telah ada dari sekitar tahun 2016an lalu. Dimana dalam versi lama, foto tersebut tak hanya diletakkan dekat atau sebelah makanan, tapi diatas atau mungkin sampai dalam makanan itu! Jadi makanan dan fotonya saling bersentuhan.

Dan kadang tak hanya bersentuhan, bahkan ada yang berani mencelup fotonya dalam beer atau sup! Tapi memang versi Cheki-han lama ini terlihat beresiko dapat merusak foto tersebut, belum takutnya bisa berefek pada makanannya juga. Mungkin lebih baik pakai cara yang versi sekarang ini.

Comments

Loading...