Menunggu akhir dari sebuah seri, baik itu anime atau manga, bisa memberikan berbagai perasaan. Bisa jadi happy karena rasa puas, atau sedih karena itu adalah sebuah akhir. Fans manga shounen telah mengalaminya pada seri Bleach, Nah sekarang adalah kabar untuk pembaca manga shoujo. Yaitu dari seri manga KimiTodo. Bersiaplah bagi pembaca kisah ini, karena chapter final Kimi ni Todoke keluar bulan November depan.

Sudah lumayan lama memang perjalanan seri shoujo buatan Shiina Kaoru yang menghangatkan hati dan kadang bikin iri ini. Mengisahkan seorang gadis SMA berpenampilan seperti Sadako tapi baik hati dengan senyum tulus yang indah, Sawako, dan hubungannya dengan seorang remaja cakep yang populer disekolahnya, Kazahaya, dari persahabatan hingga mengembang jadi cinta.

Serinya dimulai dari tahun 2006 lalu, berarti kira-kira seri manga ini telah berjalan sampai 11 tahunan. Dan dalam kurun waktu itu, telah berkali-kali menjadi top selling manga di Jepang. Bahkan walaupun ini manga Shoujo, pria juga ada yang membaca dan merekomendasikannya.

Dan dengan kepopulerannya yang sebesar itu, tentu ada juga adaptasi dari manga ke media lain. Seri ini telah diadaptasi menjadi seri anime sebanyak dua season. Dan juga telah diadaptasi menjadi film live-action tahun 2010 lalu.

Agak sedih melihat seri yang telah berjalan lumayan lama dan melekat dihati para pembaca ini mencapai tahap akhir kisahnya. Yang tak sepenuhnya lancar. Karena sang mangaka, Shiina Kaoru, sempat jatuh sakit, sehingga ia tak dapat merilis chapter bulan Juli. Tapi ia dapat merilis chapter baru pada bulan Agustus, yang merupakan chapter pembuka dari arc akhir Kimi ni Todoke.

kimi ni todoke

Dan bagian final dari akhir tersebut, telah diumumkan tanggalnya. Pada isu bulan November dari majalah manga Bessatsu Margaret mengumumkan kalau chapter terakhir dari Kimi ni Todoke akan dirilis pada tanggal 13 November nanti.

Dan untuk merayakan momen tersebut, untuk Bessatsu Margaret isu berikutnya akan menampilkan Kimi ni Todoke pada bagian cover majalahnya. Dan untuk chapter akhir tersebut akan memiliki colored opening page.