Awal tahun 2019 ini menjadi akhir atau klimax besar dari dua seri super populer Amerika, Marvel Cinematic Universe dengan Avengers Endgame dan Season Final dari Game of Throne. Dan sepertinya juga akan menjadi akhir dari sebuah seri animanga terkenal, yaitu Gintama. Seri yang kali ini sepertinya, mungkin, kayaknya, akan benar-benar selesai ceritanya, dengan chapter final Gintama diumumkan rilis bulan Juni… yakin tuh??

Seri manga Gintama buatan Sorachi Hideaki telah berjalan sejak tahun 2004 lalu. Manga tersebut diserialisasikan dalam majalah manga mingguan Shonen JUMP sampai bulan September 2018 kemarin, ketika sejak beberapa tahun lalu manga Gintama telah di-tease akan tamat.

Dan memang manga tersebut selesai… dalam serialisasinya pada majalah manga Shonen JUMP. Karena kemudian diberi pengumuman kejutan kalau manga tersebut masih akan berlanjut sedikit lagi, dimana mereka pindah majalah ke JUMP Giga.

Seri tersebut kemudian melanjutkan serialisasinya dalam JUMP Giga selama tiga edisi yang dirilis setiap bulan dari Desember 2018 sampai Februari 2019 kemarin, dan seri tersebut selesai… dalam serialisasinya di JUMP Giga.

Karena kemudian pada edisi bulan Februari 2019 diberikan pengumuman dan permohonan maaf, karena manga Gintama masih akan lanjut sedikit lagi, dimana kali ini mereka pindah lagi dan chapter manga Gintama baru dirilis melalui app official seri Gintama.

Dan perilisan chapter manga Gintama baru tersebut dimulai dari tanggal 13 Mei kemarin, dan dikatakan kalau ini sungguh-sungguh benar-benar merupakan countdown akan climax kisah Gintama. Dan baru-baru ini dikabarkan kalau countdown tersebut akan mencapai titik akhir, walau agak kocak juga pengabarannya.

Shueisha pada awalnya mengatakan kalau chapter final manga Gintama akan dirilis pada tanggal 10 Juni, tapi dikarenakan beberapa hal, mereka mengumumkan melalui Twitter kalau perilisannya diundur lagi seminggu. Jadi chapter akhir manga Gintama akan dirilis pada app official Gintama tanggal 17 Juni 2019.

Waduuuh pengumuman akhirnya saja sudah kocak seperti itu, jadi tak begitu meyakinkan nih apakah benar bulan Juni akan menjadi akhir dari manga Gintama πŸ˜€ nanti tahu-tahu mereka malah undur lagi TROLOLOL~