Indonesia Comic Con 2015 memang menjadi acara pop culture Pamungkas bagi setiap pecinta pop culture  Di Indonesia. Selain kemasan acara yang memuaskan dahaga pecinta pop culture Indonesia, satu sajian yang sangat berkesan adalah Championship of Cosplay, yang berhasil memukau pengunjung dengan deretan peserta cosplay papan atas dari seluruh Indonesia bahkan Asia Tenggara.

Championship of Cosplay sendiri merupakan sebuah konsep turnamen cosplay dimana pemenang dari kompetisi ini akan berhak untuk mendapatkan tiket ke perhelatan cosplay kelas dunia C2E2 Crown Championship of Cosplay di Chicago, Amerika Serikat. Dan benar saja dengan hadiah seperti itu, dan berbagai hadiah lainnya seperti cash money dan berbagai voucher, para Cosplayer sungguh All out dengan kostum dan penampilan mereka.

Total ada 14 cosplayer yang tampil dan terpilih setelah difilter oleh pihak Indonesia Comic Con, dan selain harus menunjuka detail kostum mereka melalui sesi pre Judging, para cosplayer terpilih ini juga harus tampil atau perform sesuai karakter mereka dihadapan para pengunjung Indonesia Comic Con dan para juri diantaranya, Nicole Marie Jane, Olivie, Pinky Lu Xun, dan Oktavianus Rizky. Dan hasilnya benarbenar tidak mengecewakan sama sekali ke 14 cosplayer menunjukan kualitas yang luar biasa dan berhasil memukau panitia, pengunjung dan tamu yang hadir pada perhelatan Championship of Cosplay malam itu.

Dan kali ini kita akan mencoba melihat kembali bagaimana penampilan para cosplayer papan atas Indonesia tampil dalam Indonesia Comic Con 2015, tim Akiba Nation pun mendapatkan footage dari penampilan 14 cosplayer tersebut dan mungkin kalian bisa melihat kembali dan menentukan siapa cosplayer Favorit kalian pribadi.

Optimus Prime

Yang mengawali ke-epic-an Championship of Cosplay pada malam itu merupakan penampilan dari sebuah cosplay dari ikon Transformers, Optimus Prime. Robot transformasi dari sebuah truk ini di realisasikan oleh cosplayer asal Surabaya Lee Gunawan. Kostum yang di klaim memiliki berat yang sangat ekstrim ini, sepertinya tidak menghalangi Lee untuk tetap all out mendemonstrasikan gaya bertarung Optimus Prime layaknya di film transformer.

Terrorblade

Selanjutnya ada cosplay dari salah satu game MOBA populer Dota 2. Cosplayer yang akrab di sapa Prince Ingga menampilkan epic nya costume dari salah satu Hero Terrorblade. Dan dalam penampilannya Prince Ingga juga menampilkan aksi Terroblade dalam duel untuk memperebutkan First Blood dalam game Dota 2. Kostum Terrorblade dari Prnce Ingga ini juga mendapatka apresiasi dari para juri salah satunya Pinky Lu Xun, yang berkomentar bahwa dirinya sangat suka dengan Gradasi yang ditampilkan dalam kostum tersebut.

Demon Hunter

Salah satu dari 3 Cewek yang ikut serta dalam Championship of Cosplay ini Audrey Raissa, tampil mengenakan kostum yang epic, dari sebuah realisasi Demon Hunter dari game Diablo. Kostumnya tampak begitu epic, dan Audrey juga mamppu menampilkan performa terbaik layaknya dalam aksi dalam game Diablo.

Death Prophet

Selain Terrorblade, hero yang dicosplaykan dari game Dota 2 dalam Championship of Cosplay kemarin adalah Death Prophet. Di realisasikan oleh Apriyanto Gunawan yang melakukan crossdressing sebagai Death Prophet sekaligus menampilkan sebuah aksi teatrikal skill-skill yang bisa dilakukan oleh Death Prophet dalam Game Dota 2.

Chaosdromon

Sorak sorai penonton menyambut keluarnya Chaosdromon, sebuah mecha Digimon yang mempunyai senjata layaknya robot tempur ini. Lalu Michael Tanu Wijaya yang berada di dalamnya semakin membakar kekaguman pengunjung melalui mekanisme keren yang ada di kostum Chaosdromon.

Prime Evil

Pengunjung juga dibuat tercengan dengan sebuah penampilan cosplay dari Herry Bertus yang merealisasikan Kostum monstrous Prime Evil dari game Diablo. Tak hanya pengunjung yang dibuat kagum, namun juga para juri, Nicole Marie Jane mennyatakan kagum sekali dengan detail dari Prime Evil yang ditampilkan oleh Herry Bertus ini, juri-juri yang lain pun mengiyakan dan mengapresiasi Herry seperti membawa mosnter ini ke dunia nyata. Dan dari perhitungan nilai yang diberikan oleh juripun menempatkan Cosplay Prime Evil ini menjadi runner up Championship of Cosplay kali ini.

Iron Man

Memang tidak ada yang bisa menolak kharisma dan daya tarik dari karakter Iron Man, Tony Stark, atau bahkan si Robert Downey Jr. Rizqi Ario, pun mencoba merealisasikan superhero yang satu ini melalui Iron Suit dan sebuah punchline dari salah satu film layar lebarnya.

Dante

Dan karakter yang satu ini juga tidak kalah karismatik dengan Tony Stark, karakter ikonik dari Game Devil May Cry, Dante ini juga membuat para juri pada Confess bahwa mereka jatuh cinta dengan karakter Dante. Dan Naru yang sang cosplayer juga berhasil mendemonstrasikan Dante Devil Trigger ini juga dengan cukup bagus, yang menampilkan berbagai macam senjata yang digunakan Dante dalam Game Devil May Cry.

Deathstroke

Lalu aksi keren juga ditampilkan oleh Gilang Ramdhan yang berlaga sebagai super villain ikonik Deathstroke. Gilang mendemokan gaya bertarung Deathstroke secara all out, dan juri juga mengapresiasi aksi performance Gilang yang bisa bergerak bebas dengan kostum Deathstroke.

Fairy God Mother

Penampilan menarik ditunjukan oleh Endang Palupi, ditengah-tengah para Cosplayer dengan berbagai kostum robot, monster, hero, dan penjahat. Cosplayer yang satu ini hadir dengan balutan gaun dan lagu cathcy Bibbidi-Bobbidi-Boo, untuk mengcosplaykan Fairy God Mother dari kisah Cinderella.

Monster Hunter

Kemudian sebeagi cewek terakhir yang tampil pada malam itu, Hendalis Rema alia Wawa, tetap optimis dengan penampilan cosplay dari karakter Monster Hunter. Pada performance nya Wawa mendemonstrasikan aktivitas yang dapat dilakukan pada Game RPG unik tersebut.

ED 209

ED 209 sebuah robot yang menjadi musuh utama Robocop ini berhasil ditampilkan oleh Firmanda Romas, dengan mekanisme ang luar biasa, dan kostum berukuran ekstrim, hingga susah sekali untuk menaikkan nya ke atas panggung, terbayar dengan apresiasi dari penonton dan juri yang memberikan testimoni performanya, seperti benar-benar melihat robot diatas Panggung. Dan berdasarkan penilaian juri, ED 209 ini berhasil meraih peringkat ke Tiga di Indonesia Comic Con 2015 Championship of Cosplay kali ini.

Otoha Karas

Mungkin ini menjadi satu-satunya cosplay dari Anime yang ditampilkan pada Championship of Cosplay kali ini. Yonh Dong yang juga akrab disapa Atung memilih untuk menapilkan karakter Otoha Karas dari anime Karas, dan mendapatkan apresiasi dari juri terhadap penapilan dengan pedang nya.

Vicious Summoner

Menjadi satu-satunya cosplayer asing yang tampil pada Indonesia Comic Con 2015 Championship of Cosplay, tidak menyurutkan semangat dari Abraham. Bahkan cosplayer yang satu ini tampil begitu All Out dengan balutan kostum yang sangat rumit terinspirasi Vicious Summoner dari game Dekaron. Dan hasil yang diperoleh cosplayer asal Filipina ini pun tak tanggung-tanggung, Abraham berhasil mengambil titel Juara dari perhelatan Championship of Cosplay yang baru pertama kali di gelar di Indonesia ini.

Dan meskipun 3 Juara yang diambil dalam kompetisi ini, ke 14 cosplayer patut diberikan apresiasi yang sebesar-besarnya karena mereka semua berhasil menampilkan yang terbaik, dan membuktikan bahwa perkembangan Dunia Cosplay di Indonesia sangatlah positif. Hal ini pun diamini oleh Event Director global ReedPop selaku penyelenggara Acara Mary Franklin, yang mengaku kagum dengan penampilan para cosplayer dari Indonesia, dan merasa bahwa pemenang dari C2E2 Crown Championship o Cosplay besar kemungkinan akan berasal dari Indonesia Comic Con.

1st Winner~
1st Winner~
The 2nd~
The 2nd~
The 3rd~
The 3rd~

Kekecewaan mungkin terjadi bagi beberapa peserta maupun pecinta cosplay tanah air karena Pemenang dari Championship of Cosplay kali ini bukan berasal dari Indonesia. Namun sejalan dengan itu kita patut bangga karena hal ini dapat membuktikan bahwa Indonesia sudah menjadi salah satu Kiblat event pop Culture di Asia Tenggara, dengan keikut sertaan cosplayer asing pada kompetisi nya. Dan kemenangan Abraham juga membuktikan dirinya sebagai cosplayer yang handal, dan sangat bisa menjadi cambuk bagi Cosplayer Indonesia untuk dapat lebih kreatif dan memunculkan cosplay-cosplay yang patut untuk di pertandingkan pada ajang Cosplay Internasional.