Seri animanga klasik legendaris Doraemon telah mengumumkan film tahunannya yang dirilis untuk tahun 2020 nanti yang sekaligus merayakan anniversary ke-50 tahunnya. Tapi ternyata sesuai dengan dua angka 2 pada tahun 2020, baru diberi kejutan kalau ada film Doraemon lagi untuk tahun tersebut. Dan bersiaplah untuk membeli tisu, karena film tersebut adalan 3D CG film Doraemon Stand By Me 2!

Yup, mungkin masih banyak yang ingat akan Stand By Me, film Doraemon yang ditayangkan pada tahun 2014 lalu yang merupakan film 3D CG paling pertama dalam seri Doraemon. Film tersebut disutradai oleh Yagi Ryuuichi dan Yamazaki Takashi, dan dianimasikan oleh Shirogumi, Robot Communication, dan Shin-Ei Animation.

Plot ceritanya adalah gabungan dari beberapa chapter kisah Doraemon yang dicampur menjadi satu cerita original sendiri, dari saat Doraemon pertama bertemu dan berteman dengan Nobita sampai ia kemudian meninggalkannya.

Film tersebut sukses di Jepang, dengan merajai bioskop Jepang selama 5 minggu berturut-turut dan menjadi film animasi tertinggi nomor 2 tahun 2014 di Jepang, dikalahkan hanya oleh Disney Frozen, dan memenangkan penghargaan Animation of the Year dalam event ke-38 dari Japan Academy Prize.

Film tersebut juga dirilis di negara-negara lain, dengan perilisan yang sukses di HongKong juga menjadikannya film Jepang tersukses di bioskop HongKong. Dan film itu juga ditayangkan di Blitz Indonesia, walau sempat ada masalah karena ada yang membajak dan membocorkan film tersebut pas saat Blitz merilisnya.

Dan kini telah diumumkan kalau film tersebut mendapatkan sequel! Berjudul Stand By Me Doraemon 2. Film tersebut masih disutradai oleh Yagi Ryuuichi dan Yamazaki Takashi, dengan Yamazaki juga sekali lagi menangani naskahnya dan diproduksi oleh Shin-Ei Animation, Shirogumi, Robot Communication.

Kisahnya dikatakan berdasarkan film anime Doraemon Obaachan no Omoide, tapi dengan elemen original, termasuk sekali lagi memasukkan elemen romance antara Shizuka dan Nobita yang ada pada Stand By Me pertama.

Telah dirilis juga teaser visual dan teaser trailernya, yang juga mengumumkan kalau film tersebut akan ditayangkan di bioskop Jepang pada tanggal 7 Agustus 2020! Semoga saja film ini juga tayang lagi di Indonesia, tanpa ada masalah 😉