Format “cute girls doing something” sudah lumayan umum dalam dunia animanga, dan apa yang dijadikan fokus dalam ceritanya bisa semakin beragam saat ini. Dari K-on yang ceritanya soal main musik, Lucky Star yang soal slice of otaku life, sampai Gakkoy Gurashi yang menggabungkan school life dan zombie horror. Kini ada lagi animanga macam itu dengan fokus unik lain, Houkago Saikoro Club yang mengenai permainan BG atau Board Game.

Mungkin sudah ada yang tahu apa itu BG, permainan analog macam ular tangga atau catur. Saat ini memang BG semakin dikenal dan populer, dan makin banyak juga developer BG Indonesia. Di Jepang sendiri BG memang populer, dengan kadang suka ada juga seri animanga yang diadaptasi jadi BG, seperti seri Fate contohnya. Tapi yang jadi fokus Houkago Saikoro Club ini berbeda.

Balik ke leptop dulu, Saikoro Club berawal dari manga buatan Nakamichi Hirou, yang mengisahkan seorang murid baru yang aktif bernama Aya dan teman pertamanya yang pemalu bernama Miki, yang menemukan ketua kelas mereka Midori kerja sambilan di sebuah toko bernama Saikoro Club, dan dari situ mereka diajarkan bermain dan menemukan pesona permainan analog BG Jerman.

Dan bagian akhirnya itulah yang menarik, karena permainan yang jadi fokus disini bukanlah game macam Yu-Gi-Oh atau Pokemon, melainkan Board Game Eropa dan barat, yang juga lumayan populer di Jepang.

Lalu balik lagi ke Houkago Saikoro Club, manga tersebut diumumkan akan diadaptasi jadi anime beberapa minggu lalu, dan kini telah diberikan info baru berupa staff dan seiyuu yang terlibat, dan juga jadwal tayangnya.

Anime Houkago Saikoro Club dijadwalkan tayang musim anime berikutnya, pada bulan Oktober 2019. Disutradai oleh Imaizumi Kenichi di studio LIDEN Films, dengan Maekawa Atsushi yang menangani komposisi, Ibe Yukiko yang mendesain karakternya, dan Katayama Shuuji yang menangani musiknya.

Lalu untuk seiyuu para karakter utama; Takekasa Miki diperankan oleh Miyashita Saki, Takayashiki Aya diperankan oleh Takano Marika, Ohno Midori diperankan oleh Tomita Miyu, dan Kinjou Takeru pemilik toko Saikoro Club diperankan oleh Kuroda Takaya.