Musibah besar Kebakaran KyoAni yang terjadi minggu lalu telah lewat, tapi bekasnya tetap ada, baik secara fisik maupun dalam ingatan. 34 orang telah tewas, material lama dari anime buatan studio tersebut habis ditelan api dan menyebabkan kerusakan yang tak terhitungkan harganya, dan gedung 1 studio itu setengah berdiri dalam warna kelabu. Tapi setidaknya untuk yang terakhir itu mungkin akan dihilangkan, dan diganti jadi taman memorial.

CEO dari studio Kyoto Animation, Hatta Hideaki, akhir minggu lalu membicarakan mengenai bekas gedung 1 dari studio tersebut yang terbakar dan telah dipadamkan apinya. Dan ia mengatakan kalau para warga yang tinggal di daerah itu tidak ingin melihatnya, jadi ia berminat untuk menutupi bekas reruntuhan studio itu dan menghancurkannya sampai tak terlihat sisanya.

Mengingat lokasi tempat studio tersebut, yang terletak di Fushimi di Prefektur Kyoto, termasuk sebagai salah satu daerah yang paling damai, keberadaan reruntuhan musibah tragedi sebesar itu memang mungkin bisa tak mengenakkan warga sekitar.

Tapi kejadian sebesar itu tetap takkan bisa dilupakan, dan mencoba benar-benar melupakannya juga serasa tak menghormati para korban musibah itu. Jadi Hatta juga mengatakan kalau ia ingin membangun ulang lokasi tersebut menjadi taman dengan memorial untuk mengenang korban Kebakaran KyoAni.

Ide yang terdengar sangat bagus, dan jika dibutuhkan biaya untuk melakukan hal itu, para fans anime yang tak hanya dari Jepang tapi juga seluruh dunia yang tergerakkan oleh kejadian ini mungkin dapat membantu.

Karena seperti yang telah dikatakan, para Sentai Filmworks telah membuka halaman GoFundMe untuk membantu KyoAni, yang pada saat Hatta mengatakan hal tersebut jumlahnya diperkirakan mencapai 1 juta dollar, lebih dari batasnya yang diset sebesar 750.000 dollar. Dan saat penulisan artikel ini, angkanya sedikit lagi akan mencapai 2 juta.

Bantuan tersebut telah diketahui oleh Hatta, dan ia juga mengatakan kalau ada juga fans dari berbagai negara luar Jepang yang datang berkunjung ke lokasi. Hatta mengatakan kalau pesan kasih dari para fans tersebut menjadi pendukung emosi studio tersebut. Bagi yang ingin ikut menyumbang, halaman GoFundMe Sentai Filmworks tersebut masih dibuka.