Kadang sebuah film melakukan promosi menarik dimana mereka merilis video yang bukannya trailer tapi benar-benar sebagian dari film tersebut selama beberapa menit untuk ditonton di internet. Evangelion melakukannya dengan film terakhir dari Rebuild Of Evangelion, dan sebelum itu begitu juga movie Sword Art Online Ordinal Scale. Dan kali ini, anime movie Violet Evergarden juga kemarin-kemarin memperlihatkan keindahan 10 menit pertamanya.

Violet Evergarden berasal dari light novel yang ditulis oleh Akatsuki Kana dan diilustrasikan oleh Takase Akiko. Light novel tersebut diterbitkan oleh studio Kyoto Animation melalui label KA Esuma Bunko dan juga dijadikan anime oleh studio tersebut. Anime Violet Evergarden ditayangkan diawal tahun 2018 sebanyak 14 episode.

Anime tersebut juga kemudian mendapatkan projek film side story dan movie. Tapi perilisannya mengalami beberapa halangan besar. Pertama yang pasti banyak fans anime yang tahu, adalah dengan tragedi kebakaran studio Kyoto Animation yang menewaskan banyak staff mereka.

Untungnya film side story Violet Evergarden pada akhirnya berhasil dirilis, dan bahkan sampai bisa juga tayang di Indonesia. Tapi setelah itu perilisan movienya juga tak jalan mulus karena masalah yang terjadi tahun ini, pandemik coronavirus.

Pandemik coronavirus membuat movie Violet Evergarden jadi diundur perilisannya, seperti pada banyak seri TV dan film anime lainnya. Pada akhirnya jadi tayang di bioskop Jepang pertengahan bulan lalu, pada tanggal 18 September.

Dan hasilnya terlihat sukses, dengan movie tersebut telah meraih untung yang lebih besar dari film sebelumnya, dan minggu lalu meraih posisi Top 3 Box Office Jepang dan anime tertinggi disitu. Dan keren melihat KyoAni memutuskan untuk merilis 10 menit pertama dari film tersebut untuk dapat ditonton secara gratis dan legal di Youtube, walau sayangnya tanpa sub.

Sedikit catatan kalau meskipun 10 menit terasa panjang, total durasi movie Violet Evergarden itu sendiri adalah 130 menit! Jadi masih ada 2 jam konten yang tak diperlihatkan. Duh semoga pandemik cepat selesai agar movie ini juga bisa masuk ke Indonesia… Bagi yang penasaran dapat mencoba menyaksikannya disini!