Akhir minggu kemarin diadakan event anime dan Jejepangan di beberapa negara, diantaranya yang besar adalah event Anime Expo di Amerika Serikat dan Japan Expo di Prancis. Ada banyak sekali hal keren yang ditampilkan disitu, diantaranya beberapa produk Good Smile spesial seperti figma dan nendo. Dan selain itu dipertontonkan juga 10 menit pertama film Shin Evangelion baru, yang kini bisa ditonton di internet juga!

Shin Evangelion adalah film keempat dari seri film Rebuild of Evangelion, yang merupakan reboot dari seri anime Evangelion buatan Studio Gainax dan sutradara anime terkenal Anno Hideaki yang pertama tayang tahun 1995 lalu.

Dimulai dari film Evangelion 1.0 You Are [Not] Alone yang dirilis tahun 2008, kemudian dilanjutkan dengan Evangelion 2.0 Can [Not] Advance yang dirilis tahun 2009, dan terakhirnya sebelum ini adalah Evangelion 3.0 You Can [Not] Redo yang dirilis 2012.

Dengan Rebuild of Evangelion yang memiliki bentuk tetralogi, film Shin Evangelion yang terbaru ini adalah film penutup dari reboot tersebut. Dan penayangannya dikabarkan dijadwalkan tahun 2020 nanti. Tapi ada kabar yang menggembirakan akhir minggu kemarin bagi yang sudah tak sabaran dan penasaran melihat film itu.

Karena seperti yang dikatakan diawal, sebagian kecil dari film Shin Evangelion dirilis dan dipertontonkan secara terbatas di beberapa tempat. Diantaranya pada event besar Anime Expo di Amerika Serikat, dan dalam event Japan Expo di Prancis, dan juga pada enam lokasi dalam negara Jepang itu sendiri.

Dan kini ada yang semakin menggembirakan, karena bagi yang tak dapat menghadiri event atau datang ke lokasi-lokasi tersebut, bagian 10 menit pertama film Shin Evangelion tersebut, plus 5 menit recap 3 film sebelumnya, sudah bisa ditonton melalui internet! Ada berbagai video yang telah dirilis, tapi semuanya merupakan rekaman event, jadi visual dan audionya tak sempurna.

Dan sejauh ini yang baru ditemukan adalah rekaman dari Jepang dan rekaman dari event Japan Expo, jadi tak ada sub Inggris. Rekaman Line Live dari Japan Expo ada sub tapi karena lokasi eventnya, bahasanya Prancis, dan dijadikan satu dengan sesi konser dan komentar Ogata Megumi seiyuu Shinji dan sutradara Anno Hideaki. Tapi bagi yang tak mempermasalahkan hal itu, silahkan cekidot! 😉