Punya waifu idaman tentunya sangat sah bagi para otaku. Mulai dari wiafu sepanjang masa sampai waifu musiman emang oke banget buat koleksi. Nah nggak heran juga biasanya para otaku bakal mengorbankan jiwa dan raga (dompet) buat membeli segala sesuatu yang berhubungan dengan waifunya. Contohnya waifu yang sempat booming banget adalah Rem Re:Zero. Bahkan karena sangking boomingnya banyak bertebaran figure waifu kawe di pasaran.

Adanya figure waifu kawe (KW/tiruan) sebenarnya sih nggak masalah. Bagi otaku yang punya keuangan prima tentunya bakal beli langsung dari official websitenya. FYI, membeli figure waifu merupakan salah satu cara yang diklaim dapat membuktikan rasa kasih sayang dan kebanggaan terhadap waifu masing-masing.

Nah pada kasus barang KW, biasanya sering ditemui ketika fans berada diluar jangkauan. Entah jangkauan isi dompet atau tempat pemesanan. Kalau yang lagi bokek sih asal punya wajah waifu walau kw udah lumayan seneng. Kasian sekali kalau yang pesen jauh-jauh buat yang ori terus dibohongi seller dikasih figure waifu kw. Duh… sakitnya tuh ga berdarah… 🙁

Untuk itulah, Good Smile Company, salah satu perusahaan raksasa mainan di jepang memberikan tips untuk membedakan figure asli dan kw. Dalam hal ini yang dicontohkan adalah figure dari Rem Re:Zero.

Bagaiman step-step nya? Silahkan simak dibawah ini ya:

Step 1

Figure Waifu

Hal pertama yang perlu akiba-chan dan akiba-kei perhatikan dalam memilih figure waifu adalah packingnya. Official figure (ori) untuk figure bride Rem memiliki packing berwarna putih. Dengan penampakan shape yang bagus. Sedangkan tiruannya biasanya diproduksi dengan warna mencolok seperti biru.

Step 2

Selanjutnya adalah bagian kepa dan wajah. Untuk figure Rem diatas memiliki susunan kepala yang nggak bisa dilepas. Ekspresinya juga diklaim lebih kawaii. Hal tersebut sepertinya merupakan pengaruh dari detail painting yang tentu saja kualitasnya jauh.

Step 3

Yang terkahir adalah desain base. Silahkan akiba-chan dan akiba-kei perhatikan. Official figure memiliki desain unik di setiap seri mereka. Seperti Rem buatan Phat ini ddilengkapi dengan base yang senada dengan warna rambut karakternya. Juga memiliki cap khusus.

Nah gimana akiba-chan dan akiba-kei? Step ini nggak cuman bisa diterapkan dalam Rem kok. Bisa juga diterapkan saat memilih figure waifu kalian yang lain. Secara garis besar, stepnya sama. Akan lebih bagus lagi bila kalian teliti dulu pengumuman dari official makernya sehingga bisa memberdakan kw dan ori dengan mudah. 😀