Nama Pokemon memang sudah lumayan dikenal di manca negara, tapi popularitasnya jadi makin meleduk dengan AR mobage Pokemon GO. Dan menariknya diumumkan kalau ada lagi seri animanga masa kecil lain yang akan memiliki projek game macam itu, yaitu seri Captain Tsubasa, dimana diumumkan seri itu akan merilis AR Mobage berjudul Tsubasa Plus untuk region Eropa dan Asia, dan Indonesia juga termasuk.

Captain Tsubasa berasal dari seri sport manga bertema sepakbola karya Takahashi Yoichi yang mengisahkan perjalanan pemain sepakbola bernama Ozora Tsubasa dari saat ia kecil di Jepang sampai remaja dan dewasa bermain bersama pemain negara-negara lain.

Manga itu juga telah diadaptasi menjadi berbagai anime dan game, dan popularitasnya begitu besar dan mendunia, apalagi di Eropa dimana seri itu juga salah satu yang mempopulerkan media animanga disana, dan menginspirasi banyak pemain sepakbola terkenal dari Zinedine Zidane sampai Fransesco Totti dan lain-lain lagi.

Dari situ jadi tak begitu mengherankan kalau baru-baru ini diumumkan adanya projek game Captain Tsubasa baru bernama Tsubasa Plus, yang perilisannya dilakukan terlebih dahulu di beberapa negara Eropa yang terkenal akan dunia sepakbolanya, sebelum dirilis di Jepang dan Asia.

Dan mereka sampai bisa menggaet pemain sepakbola Andres Iniesta untuk mendukung game tersebut. Andres adalah mantan pemain sepakbola dari tim nasional Spanyol yang kini pindah bermain untuk klub sepakbola Jepang Vissel Kobe.

Game itu sendiri dikembangkan oleh Miraire dan memakai sistem Augmented Reality ala Pokemon GO, tapi dengan gameplay yang bukan melempar Pokeball melainkan bermain menjebol gawang dan mencetak gol. Player dapat membentuk tim dengan berbagai karakter seri Captain Tsubasa dan melatih mereka untuk berkompetisi.

Game Tsubasa Plus diumumkan akan dirilis pertama tanggal 30 September di Inggris, Prancis, Italia, Jerman, Belanda, Belgium, dan kemudian dirilis di Jepang pada tanggal 15 Oktober dan juga di Indonesia, Malaysia, Singapore, Filipina, Thailand, Hong Kong, Taiwan, Australia, Switzerland, Portugal, dan saat ini juga sedang dibuka masa preregist.