Tak begitu mengherankan melihat seiyuu yang melakukan cosplay, dan extra poin jika karakter yang jadi bahan cosplay adalah karakter yang juga disuarai oleh sang seiyuu tersebut. Contohnya cosplay cantik karakter Kiara dari seri Fate yang dilakukan seiyuu Tanaka Rie. Dan baru-baru ini ada lagi seiyuu terkenal yang melakukan hal serupa, dengan veteran seiyuu Inoue Kikuko yang melakukan maid cosplay cantik salah satu karakternya.

Inoue Kikuko adalah seorang seiyuu veteran yang terkenal mengisi suara tipe karakter yang keibuan atau memang seorang ibu berkat suaranya yang dalam tapi lembut, sesuatu yang extra cocok karena ia juga seorang ibu, dan putrinya, Inoue Honoka, juga seorang seiyuu. Tapi ia menunjukkan fleksibilitasnya dengan bisa juga mengisi suara wanita yang tegas atau bahkan jahat.

Contoh karakter Ibu yang diperankannya adalah sebagai ibu Nagisa di CLANNAD, ibu Kira Yamato di Gundam SEED, ibu Lala Satalin di To-LOVE-ru, Izayoi ibu dari Inuyasha, dan banyak lagi. Selain itu ia juga terkenal memerankan Lust di FMA Brotherhood, Makrofaga di Hataraku Saibou, Beldandy di Aa Megami-sama, I-No di game Guilty Gear, Vocaloid Haruno Sora, dan lain-lain.

Satu hal lagi yang terkenl darinya adalah ia suka mengaku dirinya berumur 17 tahun bahkan sampai sekarang dimana ia telah menginjak umur 55 tahun. Tapi memang suaranya yang awet muda membuatnya bisa memerankan karakter remaja, contohnya murid SMA Toujou Kirumi dari game Dangan Ronpa V3.

Dan sekalian balik ke topik utama, itulah karakter yang dijadikan bahan cosplay oleh sang seiyuu kemarin-kemarin, yang hasilnya memang cantik dan sesuai dengan originalnya! Dan dari situ Inoue-san menunjukkan kalau ia bisa tampil lumayan lebih muda dari umur aslinya.

Ia melakukan cospay tersebut untuk merayakan dua hal, yaitu ulang tahun sang karakter Kirumi, dan Maid Day di Jepang, yang keduanya jatuh pada tanggal 10 Mei kemarin! Dan itu memang bukan kebetulan, karena karakter Toujou Kirumi dalam kisah Dangan Ronpa V3 memang dikenal sebagai Super Highschool level Maid.

Dan bagi yang penasaran kenapa Hari Maid jatuh disitu, itu karena tanggal tersebut merupakan pun kata Maid/Meido di Jepang, dengan di Jepang tanggal itu jadi Mei 10, dan 10 bisa dibaca To dan jika ditambah tanda petik Dakuten, jadi dibaca Do.