Game pertama yang dibuat oleh Kojima Hideo sejak ia terlepas dari perusahaan Konami, Death Stranding, telah mendapatkan hype sejak awal pengumumannya. Dan kini akhirnya game misterius tersebut telah dirilis, dan ramai dibicarakan oleh para fans dan gamer seluruh dunia. Akan tetapi tak semuanya adalah respon yang positif, karena internet Jepang menemukan ada cameo Death Stranding yang membuat kontroversi.

Game Death Stranding yang dikembangkan oleh Kojima Production ini sudah lumayan menarik perhatian dengan berbagai selebriti dan bintang besar yang terlibat dalam projek tersebut, dan makin kece lagi dengan visual game itu yang benar-benar detail menangkap tampilan mereka.

Ada Norman Reedus yang memerankan karakter Sam Porter Bridges bersama dengan Mads Mikkelsen memerankan Clifford Unger dalam jajaran karakter utama. Dan yang menarik lagi adalah cameo-cameo menarik dari nama-nama terkenal lain.

Contohnya adalah sahabat Kojima sutradara Guillermo Del Toro. Dan selain itu beberapa minggu lalu ada juga late night show host Conan O’Brien yang ternyata selain mengunjungi studio Kojima saat ke Jepang tahun lalu, juga ditawarkan tampil dalam game Death Stranding.

Tapi tak hanya nama besar di barat yang muncul, karena ada juga cameo orang terkenal dari Jepang. Tapi seperti yang dikatakan diawal, ada cameo orang Jepang yang dibicarakan tidak secara positif, yaitu cameo dari Hamamura Hirokazu dan maskot majalah game Jepang Famitsu. Bagi yang tak kenal, ia adalah mantan kepala editor Famitsu, dan kini presiden dari penerbit majalah itu.

Dalam game Death Stranding, ia memerankan karakter The Collector, yang saat diajak bicara mengatakan “Kamu pasti akan masuk jajaran Hall of Famer (Dendou Iri)” yang merupakan tag yang diberikan majalah famitsu dalam review game jika game itu mendapatkan skor review yang tinggi.

Dan itulah masalahnya. Karena Famitsu juga mereview game Death Stranding, dan memberikan skor perfect pada game itu. Hal tersebut jadi terasa mengurangi kredibilitas review game tersebut. Dan para netizen Jepang mengkritik situasi ini, seperti di board 2ch.

Dan yang semakin tak bagus lagi adalah situasi ini sudah pernah terjadi sebelumnya, dengan Hamamura juga tampil cameo dalam game 428 Shibuya Scramble dan iklan game MGS Peace Walker yang juga game buatan Kojima saat di Konami, dan semua game tersebut juga diberikan skor review sempurna oleh Famitsu.