Walau negara yang modern, Jepang juga terkenal tak melupakan sisi tradisional dan sejarahnya. Elemen tradisional tersebut masih saja bisa muncul dan bertahan dalam masa modern ini, seperti dalam bentuk animanga, atau bisa juga festival. Dan kadang, bisa juga itu ditemukan lagi secara tiba-tiba ditempat yang tak begitu terduga, seperti saat ditemukannya Buku Ninja berumur ratusan tahun di perpustakaan Hirosaki.

Buku Ninja tersebut, adalah buku berupa manual Ninjutsu. Buku tersebut lumayan tipis, karena isinya hanya setebal dua belas halaman. Tapi yang namanya benda yang antik, umurnya yang tua membuat sebesar apapun benda itu tetap saja berharga.

Dan bicara mengenai detail umur buku manual Shinobi tersebut, diperkirakan kalau buku tersebut kemungkinan besar ditulis pada tahun 1756. Membuat buku manual itu sudah berumur sampai lebih dari dua ratus lima puluhan tahun!

Mengenai isinya, terlihat kalau isi buku tersebut ditulis tangan. Dan didalamnya berisikan beberapa penjelasan mengenai cara untuk membuat beragam alat-alat ninja, seperti membuat bom asap dengan campuran bubuk mesiu dan tanaman Aconitum, atau meracik racun tidur dengan memakai kodok yang dikeringkan dan kemudian dibakar.

Ada juga teks berisikan mantra yang dipercaya dapat mengeluarkan ilmu magis. Dan penjelasan strategi seperti pilihlah penginapan dengan satu pintu masuk dan keluar saat menjelajah, atau sangga pintu dengan tatami untuk mendengar peringatan jikalau ada penyusup yang menyelinap.

Dan mengenai siapa yang menulis buku tersebut, para peneliti percaya kalau mereka adalah para Ninja atau Shinobi dari grup Hayamichi no Mono. Mereka adalah organisasi ninja yang dilatih dalam aliran klan ninja Koga, yang mulai beraksi dari abad ke-17.

Organisasi tersebut beroperasi dalam daerah Tsugaru, yang jaman sekarang ini ada dalam Prefektur Aomori. Perpustakaan Kotamadya Hirosaki tempat ditemukannya buku tersebut, juga terletak dalam Prefektur Aomori.

Keren juga ya bisa ditemukan benda seperti itu dalam sebuah perpustakaan. Dan lebih berharga lagi karena ini dikatakan juga kalau ini adalah pertama kalinya buku ninjutsu semacam itu ditemukan dalam Prefektur tersebut.

Comments