Jepang sedang mengalami perkembangan teknologi VR yang pesat. Sudah ada banyak sekali yang dijadikan VR oleh Jepang, dari pernikahan, idol, anime, dan lan-lain. Dan tak hanya perusahaan besar, tapi juga dalam dunia indie, yang telah diperlihatkan beberapa waktu lalu oleh fans seri Gochuumon wa Usagi desuka dan Hatsune Miku. Dan bagi creator-creator indie, membuat hal macam itu akan semakin terjangkau, dengan tool AniCast Lab.

AniCast Lab ini adalah perangkat software yang baru diumumkan pembuatannya kemarin-kemarin, yang merupakan projek yang dilakukan dengan kerjasama antara perusahaan entertainment ternama AVEX bersama dengan perusahaan developer virtual reality XVI.

Dikatakan kalau developer XVI yang mengkontribusikan teknologi virtual reality sementara AVEX yang mengkontribusi IP dan kepakarannya dalam produksi anime melalui Avex Pictures dan Flagship Line subsidiary.

Software AniCast Lab tersebut dikatakan dapat dipakai oleh user untuk membuat projek karya virtual. Dan walau disebutnya VR anime, virtual Youtuber juga termasuk disitu, karena keduanya tak hanya sama-sama ada kata virtual tapi karena software ini memakai model 3DCG.

Dan dengan model karakter 3DCG tersebut, user dapat memakai gadger Oculus Rift dan Oculus Touch dan teknologi motion capture untuk melihat dan menggerakan modelnya dengan gerakan mereka sendiri. Selain itu user juga dapat mengoperasikan kamera, meletak-letakkan item, dan juga memasang background.

anicast

Dikatakan kalau dengan projek AniCast Lab ini memproduksi anime jadi bisa dilakukan dengan tenaga kerja dan juga biaya yang murah. Dan dengan hal tersebut, bisa mendirikan cara baru dalam produksi anime.

Dalam trailer projek tersebut, CEO dari perusahaan XVI, GOROman, mengkontras pembuatan anime oleh user biasa sebagai cara Bottoms Up dibandingkan pembuatan anime yang dilakukan perusahaan besar yang disebutnya dengan cara Top Down.

Menarik juga ya mina-san.. memang sih kalau dalam hal Vtubing sudah ada alat lain, tapi adanya alat alternatif bisa memberikan peluang lebih besar lagi. Belum lagi software ini juga dikatakan bisa membuat user bikin anime sendiri, membuka peluang untuk anime indie. Dunia anime semakin berkembang saja ya..

Comments