Semakin hari perkembangan dalam dunia manga semakin menarik untuk disimak, tak terkecuali manga dengan tema Boys Love atau yaoi yang juga semakin mengembangkan ide-ide ceritanya hingga tidak terkesan monoton dan membosankan. Salah satunya crossdress menjadi salah satu tema yang menarik untuk diangkat menjadi sebuah cerita boys love yang menarik dan unik. Berikut adalah 10 manga boys love dengan tema Crossdress yang paling menarik untuk dibaca.

1. Udagawachou de Mattete Yo

cd1

Bercerita tentang Momose siswa SMA yang memiliki sifat pendiam dan terkesan penyendiri (Dark guy) suatu hari tanpa disengaja ia bertemu dengan Yashiko teman sekelasnya disebuah tempat bernama Udagawachou, yang membuat aneh dalam pertemuan itu adalah Yashiko yang seorang laki-laki berpenampilan seperti seorang perempuan lengkap dengan wig dan dressnya, dari pertemuan ini lah Momose menjadi penasaran dan terus mengikuti dan mengawasi setiap gerak-gerik dari Yashiko hingga tanpa sadar ia jatuh cinta pada Yashiko dan sangat menyukai sosoknya yang sebagai seorang perempuan.

Manga yang sukses dirilis pada tahun 2012 ini merupakan hasil karya dari Hideyoshico, yang diterbitkan oleh Shodensha dalam majalah On Blue. Manga ini terbukti sukses dipasaran dan pada July 2015 manga ini dibuat juga versi filmnya yang juga sukses dipasaran.

cd2

Secara alur cerita, konflik dan juga penggambaran karakter, manga tersebut memiliki ciri khas yang baik dan memuaskan para pembaca yang membacanya.

2. Hanamai Koeda de Aimashou

cd3

Manga yang satu ini memiliki kisah yang menarik dengan konflik yang cukup berat, berkisah tentang kehidupan Mizuki yang sejak kecil dipaksa oleh ibunya untuk berpakaian seperti seorang wanita, ia selalu disuruh untuk selalu memakai kimono wanita dan melarangnya untuk dekat dengan seseorang. Hal itu dilakukan sang ibu untuk melindungi putranya dari keluarga sang suami karena sebenarnya Mizuki merupakan seorang pewaris dari sebuah klan besar dan kaya raya. Ibunya menyembunyikan keberadaannya dari keluarga karena takut jika ia akan dipisahkan oleh anaknya, karena sebagai seorang pewaris ia harus tinggal di rumah utama keluarga dan di sana terdapat istri pertama dari suaminya dan juga anak-anak perempuannya yang tentunya iri terhadap Mizuki yang secara legal dapat mewarisi harta keluarga mereka.

Baca Juga: Ogawa Chise: Master Psychological Yaoi Manga yang Bikin Kokoro Lelah

Saat itulah muncul, seorang pengacara muda utusan  sang ayah bernama Hatano untuk memintanya menemui sang ayah, pada awalnya Hatano memiliki rencana buruk untuk mendekati Mizuki yang berpenampilan wanita agar dirinya bisa mendapatkan kesuksesan untuk dirinya sendiri, namun tak disangka-sangka Hatano yang asli gay malah bertemu dengan Mizuki yang seorang laki-laki pada restoran bernama ‘Hanamai Koeda’ dimana tempat Mizuki biasa bekerja sebagai jati diri seorang lelaki.

cd4

Manga ini sukses di serialisasikan pada tahun 2008 oleh Kazumi maki sebagai penulis cerita dan Kano Ayumi sebagai ilustratornya. Manga ini berhasil dipublikasikan sebanyak 1 volume oleh penerbit Tokuma Shoten.

Daya tarik dalam manga ini terletak dalam ide cerita yang umum menjadi sesuatu yang unik, selain itu gaya gambar yang rapi membuatnya semakin menarik sebagai manga yang wajib dibaca.

3. Henshin Dekinai

cd7

Merupakan  spin-off dari manga Okane ga Nai, hasil karya kolaborasi antara Shinozaki Hitoyo dan Kousaka Tohru, Manga ini berpusat pada si okama cantik pemilik bar dan juga teman dekat dari Kanou Somuku sang Yakuza yaitu Kaouruko Someya.

Dalam Spin-off ini, Someya mendapatkan jodohnya loh hehehe. ialah Honda yang berhasil mendapatkan hati sang okama, Honda yang merupakan seorang mekanik mobil dan mantan Yankee jatuh cinta pada Someya pada pandangan pertama dan sempat mengira bahwa Someya adalah wanita pada awalnya. Ia pun meminta duo kembar untuk mengaturkan kencan buta dengan Someya. Someya yang awalnya menolak menjadi menerima ajakan tersebut setelah duo kembar mengatakan bahwa Honda akan memberikan pelayanan service geratis kepada mobil Someya. dan akhirnya si okama cantik ini bersedia menerima tawaran tersebut, walaupun ia hadir hanya untuk menggoda Honda saja tanpa berminat untuk melakukan tahap selanjutnya.

cd5

dalam spin-off ini akan terbongkar sisi lain dari sang okama, dari mulai mengapa ia memilih menjadi okama dan membuka bar dari pada harus meneruskan jejak sang ayah sebagai seorang pengacara. serta alasan dinginnya hubungan antara dirinya dengan sang ayah. Dengan art yang menciri khas kan seorang Kousaka Tohru, manga ini dijamin membuat pembaca tertawa hingga sedikit perasaan sedih mampu mempengaruhi pembaca.

Henshin Dekinai ini diterbitkan pada 2010 tepat 8 tahun setelah pembuatan manga induknya yaitu Okane ga nai yang dibuat pada tahun 2002. Henshin Dekinai ini sukses dipublikasikan kedalam 1 volume oleh penerbit Gentosha melalui Comic Magazine Lynx.

4. Houkago Edge

cd9

Kalau Manga ini memiliki inti cerita yang hampir sama dengan Udagawa chou de Matete Yo, namun dalam manga Houkago Edge karya Muno ini memberikan unsur komedi yang lebih kentara, serta inti cerita yang lebih ringan.

berlatar belakang School Life, dalam kisah ini menceritakan tentang Tobari yang sangat menyukai hal-hal berbau Lucu, Imut dan Cute serta hal-hal yang berbau perempuan pada umumnya. ketika ia memberanikan diri bercross dress dengan seragam perempuan untuk membeli parfum serta kosmetik wanita yang ia inginkan, ia bertemu dengan teman satu kelasnya yang bernama Inui, Inui dengan segera mengetahui bahwa sosok wanita itu adalah Tobari. Inui kemudian sempat mengambil foto Tobari sebelum akhirnya Tobari melarikan diri.

Esoknya Inui mem-Blackmail Tobari, sehingga Tobari harus menuruti Inui yaitu keluar dengan Inui dengan berpakaian sebagai wanita. dari sinilah berbagai tekanan batin Tobari dapat dirasakan. tapi eittss.. jangan salah, Inui tidak berniat buruk pada Tobari bahkan ia menemani Tobari untuk membeli keperluannya dalam ber crossdress, hingga akhirnya Inui mulai menyukai Tobari.

Crossdress Yaoi

Manga unik dengan kisah terkesan simple dan menarik ini diterbitkan pada tahun 2014 oleh penerbit Ichijinsha dalam majalah komik Gateu. Manga ini merupakan manga crossdress Shonen-ai. Jadi bagi akiba-fujo yang masih iiuhh.. ketika baca Yaoi, bisa membaca manga ini dijamin menarik loh.

5. Hanayome wa Juunanasai

cd11

Berkisah tentang dua pemuda yang harus dihadapkan dengan polemik dalam keluarganya (Ibunya), Sakurako yang sejak lahir dipaksa oleh sang ibu untuk menjadi seorang wanita (lady) harus menjalani Omimai dengan Kazuhiko seorang lelaki yang berprofesi sebagai penulis. Mereka berdua terjebak dalam rencana perjodohan oleh sang ibu, merasa ia tidak bisa menolak keinginan sang ibu Sakurako berniat untuk meminta Kazuhiko agar menolak perjodohan ini. Namun nyatanya Kazuhiko juga dihadapkan dalam polemik yang sama dengan Sakurako. Yaitu ia tidak berani melawan sang Ibu. Akhirnya karena merasa memiliki nasib yang sama mereka pun menerima perjodohan tersebut, dan dimulailah kehidupan rumah tangga antara keduanya yang sangat lucu. Bagaimana tidak lucu jika Sang wife (BoyWife) masih seorang pelajar dengan usia 17 tahun.. 😀

cd10

Manga menarik ini merupakan hasil kolaborasi antara Mio Junta dengan Wakatsuki kyouko. gaya gambar khas mio Junta menambah kesan manis yang terdapat dalam manga crossdress ini. Selain itu manga yang sukses diterbitkan pada tahun 2014 ini oleh penerbit Oakla Shunppan dalam majalah Comic Aqua menyajikan kisah yang unik dan menarik serta nuansa cute dan romantis tersaji epik dalam manga ini. sebagai informasi, manga ini masih berlanjut hingga saat ini dan telah mencapai 2 volume.

Gak nyangka kan kisah BL bisa semenarik itu dan beraneka ragam hanya dengan satu tema yaitu Crossdress.

  • Bubbbblesss

    thank you sooo much for the share but where can i read those all mangas????????? help!!!!!