Content provided by Keepo. Siapa sih yang nggak kenal google? Bagi peselancar dunia maya mungkin udah nggak asing lagi, sebagian besar pengguna internet bakal mencari informasi melalui mesin pencari yang satu ini.

Baca Juga: 7 Perangkat Elektronik Jepang Tahun 70-an yg Populer Banget

Tapi tahukah kamu ada kode-kode unik di mesin pencari google? Kalau kita memasukan kode tertentu pada kolom/bar kata di sana, maka bakalan muncul tampilan aneh dan unik pada halamannya. Oh ya, buat hasil yang lebih oke, mendingan kamu pake browser Google Chrome. Apa aja sih? Nih tengok 18 kata atau kode uniknya di bawah ini:

More article from Keepo.

1 – Do A Barrel Roll

Do A Barrel Roll

Ketik ‘do a barrel roll’ pada bar pencarian dan saksikan seluruh halaman berjungkirbalik.

 

2 – Tilt

Tilt

Lakukan pencarian dengan kata kunci “tilt”. Maka google bakal jadi sedikit miring.

 

3 – Google Sphere

Google Sphere

Tulis “google sphere” dan klik “I’m Feeling Lucky” maka kamu bakal melihat tulisan kayak awan (cloud).

 

4 – What is the loneliest number?

What is the loneliest number?

Nggak usah takut nanyain pertanyaan sulit. Ketik query ‘What is the loneliest number’ dan Google bakal jawab ‘1’. Kalkulator bakal ngasih jawaban sama waktu kamu mengetik query ‘the answer to life, the universe, and everything’ dan ‘the number of horns on a unicorn’.

 

5 – Askew

Askew

Waktu mengetik query ini, mesin pencari ini bakal jadi sedikit mabuk.

 

6 – Google gravity

Google gravity

Masuk ke Google Earth dan masuki ‘Google gravity’ dan klik ‘I’m feeling lucky’. Saat bar pencarian, tombol dan logo jatuh ke bawah halaman, kamu bisa melempar-lemparkannya cukup dengan mengklik, drag dan melepasnya.

 

7 – Pacman

Google pacman

Tulis “google pacman” dan klik “I’m Feeling Lucky”, maka kamu bisa bermain pacman.

 

8 – Where Is Chuck Norris?

Where Is Chuck Norris?

Inilah saran saat kamu mengetik keyword itu…

 

9 – Once In A Blue Moon Google Calculator

Once In A Blue Moon Google Calculator

Mencari ‘once in a blue moon’ bakal ngasih kamu sejumlah angka komik kecil. Kayak contoh ini once in a blue moon = 1.16699016 × 10-8 hertz.

 

10 – Recursion

Recursion

Menurut Merriam-Webster, kata ini berarti ‘prosedur yang bisa diulang-ulang’. Pada mesin pencari ini, waktu kamu mencari kata tersebut kamu bakal dibawa kembali dan kembali ke halaman baru dimana hal ini seolah nggak ada hentinya.

 

11 – Googoth

Googoth

Isikan kata “googoth” pada kotak teks, lalu tekan tombol “I’m Feeling Lucky”. Kamu bakalan segera dibawa masuk ke tampilan yang gelap dan terkesan gothic.

 

12 – Epic

Epic google

Isikan kata “epic google” pada kotak teks, lalu tekan tombol “I’m Feeling Lucky”, maka bakal bergerak perlahan membesar (zoom in).

 

13 – Rainbow

Rainbow google

Isikan kata “rainbow google” pada kotak teks, lalu tekan tombol “I’m Feeling Lucky”, maka logo dan menu bakal jadi warna-warni.

 

14 – Ewmew Fudd

Ewmew Fudd

Isikan kata “ewmew fudd” pada kotak teks, terus tekan tombol “I’m Feeling Lucky”. Kamu bakal segera dibawa masuk ke tampilan google dengan teks versi tokoh Elmer Fudd dari Warner Bros.

 

15 – Let it snow

Let it snow

Kalau kamu mengetik ‘let it snow’ di kotak pencarian, maka tampilannya bakalan bersalju.

 

16 – Easter Egg

Google Easter Egg

Cari “google easter egg” pada keyword, lalu tekan tombol “I’m Feeling Lucky atau Saya Lagi Beruntung”. Maka kamu bakal dibawa masuk ke tampilan mesin pencari dengan sebuah game menangkap telur paskah, dimana kamu bisa mengendalikan gerak kelinci tersebut.

 

17 – ascii art

ascii art

Buka dan masukkan keyword ascii art. Kamu bakal melihat logo google di samping kiri atas berubah jadi gambar tulisan google dengan corak garis-garis.

 

18 – Zerg Rush

Zerg Rush

Ketikkan zerg rush, kamu bakal menghasilkan banyak huruf “O” berwarna yang turun kemudian menghancurkan semua hasil pencarian, dan semua huruf “O”, lalu membentuk huruf “G G” (efek ini harus menunggu jeda beberapa detik sebelum berjalan).

Baca Juga: Buat Para Cewek yang Doyan Upload Foto, Hati-Hati! App Ini Bisa…