Vocaloid telah merambah dalam banyak bentuk di Jepang, terutama dari sang Vocaloid pertama, Hatsune Miku. Walau berawal dari software, ia juga telah dijadikan bentuk fisik. Mulai dari Nendoroid, kecil dan juga JUMBO, dan juga Figma. Ada juga fans yang berkarya dan membuat patung kecil chibi Miku dari emas, perak, dan perunggu. Kali ini ia akan muncul dalam bentuk fisik unik lagi, dalam bentuk boneka Hina Miku.

Sedikit penjelasan, boneka Hina atau Hina Ningyou adalah boneka yang dipakai sebagai bagian dari budaya tradisional Hina Matsuri atau Festival Anak Perempuan. Mirip dengan berdirinya Pohon Natal saat Christmas, Boneka Hina ditata saat hari tersebut. Penataannya dalam bentuk panggung bertingkat, dengan boneka Kaisar dan Permaisuri pada bagian paling atas, melambangkan pernikahan yang bagus.

Itulah yang membuat boneka ini termasuknya memiliki simbolisme yang unik. Seperti menggabungkan tradisi turun-temurun budaya Jepang yang dilakukan dari zaman dulu, dengan elemen yang terkenal yang tercipta pada Jepang zaman modern ini. Yang terlihat juga dari balik layar, dengan boneka modern ini dibuat oleh Mataro, toko pembuat boneka asal Tokyo yang telah melakukan bisnis dari tahun 1919!

Keunikan juga terdapat dalam berbagai bagian lain dari boneka ini. Contohnya, Mataro membuat boneka Hina Miku ini solo, tanpa adanya boneka Kaisar atau husbando sebagai pendamping. Mereka mengatakan kalau Hina Miku Ningyou ini melambangkan impian bahagia para gadis muda, yang tak ada hubungan dengan pernikahan.

Selain itu, Mataro juga memutuskan untuk membuat boneka Miku ini benar-benar memakai desain tradisional untuk bagian wajahnya. Bukan wajah moe-moe ala anime seperti dalam figure-figure, tapi memakai desain wajah Hina Ningyou tradisional, dengan bagian Miku yang modern hanya ada pada rambutnya.

Dan keunikan terakhir lagi, adalah Hina Miku ini tidak dijual. Boneka ini hanya akan dijadikan display, yang akan ditunjukkan di toko Mataro Ningyou di Tokyo. Selain itu, boneka tersebut hanya akan didisplay sampai tanggal 9 Maret.

Cocok sih dengan tanggal Hina Matsuri, yang umumnya diadakan tanggal 3 Maret. Sedikit trivia, tanggal tersebut adalah permainan Goroawase. Maret alias bulan 3 menjadi Mi dan 9 menjadi Ku, keduanya membentuk nama MiKu.

Memang pintar negara Jepang, menggabungkan tradisi lama dengan masa modern, menciptakan sesuatu yang menarik untuk ditunjukkan dari segi budaya dan kesenian. Apakah mina-san ada yang mau ke Jepang untuk melihatnya?

Comments