Memang benar kata pepatah, usia bukan halangan untuk mengalawi sebuah kesuksesan. Nggak peduli muda atau tua, dewasa , remaj atau anak-anak, kalau mau berusaha pasti ada jalan. Seperti berita menggemparkan yang satu ini. Siapa sangka bocah berumur 14 tahun yang bernama Ran Tokiwa memenangkan penghargaan Shogakukan Award sebagai manga terbaru atas karyanya yang berjudul Idol Kyuukou (Idol Bustle).

Debut Manga karya bocah kelas 3 SMP di perfectur Aichi, Nagoya. ini bercerita tentang member sebuah grup idol, di terbitkan oleh majalah Ciao.

Mangaka Setona Mizushiro (Shitsuren Chocolatier) yang berkesempatan sebagai juri dalam acara tersebut menyampaikan bahwa Tokiwa menggambar illustrasi dalam karyanya dengan sangat imut sekali, sehingga membuat karakteristik dari masing-masing karakter dapat dimengerti dengan baik. ia juga mengatakan bahwa ia sangat menantikan perkembangan dari Tokiwa.

ryo

Dilain pihak Keiko Notoyama (Owaru Sekai de Kimi ni Koi Suru) yang juga bertindak sebagai juri mengatakan bahwa jalan cerita yang mudah dipahami membuatnya bersemangat untuk membacanya, ia juga mengatakan bahwa pembaca juga semangatnya bertambah ketika terdapat adegan yang mendebarkan.

Tokiwa sendiri mengaku bahwa ia mulai masuk kedalam dunia manga karena kekagumannya terhadap Fujio F. Fujio yang merupakan mangaka “Doraemon”, dan sembari tidak dapat mengungkapkan perasaannya saat menerima award tersebut, dia ingin berterima kasih terhadap keluarga serta temannya terutama sang bunda, yang sudah mendukungnya selama ini. “aku akan tetap berusaha untuk membuat sesuatu yang akan tertinggal dihati pembaca dan juga diriku.” kata penutup dari tokiwa saat menerima penghargaan tersebut.

Walaupun bukanlah hal biasa seorang bocah yang masih berumur belasan tahun menerima penghargaan ini, namun hal ini bukanlah hal yang tidak pernah terjadi. Anko Mochitsuki juga berumur 14 tahun saat memulai debut manga nya di tahun 1991 dengan “Doraneko: Teather”, dan Chinami Tsuyama berusia 15 tahun dengan debutnya “High Score” ditahun 1995.

Jadi bukan suatu hal yang jarang ya guys, kalau banyak mangka di Jepang yang memulai debutnya di usia yang masih sangat belia. so, bagaimana komikus komikus muda Indonesia??