Ramen merupakan makanan yang keberadaannya sangat kental di kalangan orang jepang. Tak heran bila “warung” ramen disana membludak hampir di setiap sudut jalan ada. Bahakn makin hari makin beragam rasa aneh ditemukan dalam ramen. Mulai dari pencampuran susu, cokelat, bahkan sampai rasa buah tertentu. Kali ini ada yang lebih unik. Namanya BLUE RAMEN. Sesuai dengan nama tersebut ramen ini terjadi dengan kuah berwarna biru menggoda.

Ngomongin soal warna. Yang jadi andalan dan mencolok mata selama ini mungkin baru red ramen kali ya. Yang biasanya terbuat dari sari cabe semacam mie setan kalo di Indonesia. Hehe. Semakin pekat ramen merah, semakin menandai tingginya tingkat kepedasan. Tapi blue ramen ini berbeda. Warna biru yang dihasilkan dalam kaldunya pun bukan sembarang warna. Bukan dari perwarna makanan sintetis sekalipun lho. Ada dua Blue Ramen yang bakal penulis ceritakan disini.

Pertama, Lina Blue Ramen dari Bee Hive Genki no Moto. Cooled ramen alias ramen dingin ini tersaji dalam kuah berwarna biru laut yang sedikit pekat. Sebenarnya ramen ini sudah ada sejak musim panas 2012. Tentunya dimasak dingin karena disajikan spesial untuk musim panas. Harganya sekitar 850 yen. Dan hanya dapat kalian nikmati selama bulan Juli sampai September saja. Menurut pemilik restoran, blue ramen ini dibuat dengan campuran bubuk algae spirulina yang katanya punya efek anti-aging juga. Jadi wajarlah ya harga mahal. Selain enak, ramen ini juga sehat buat tubuh akiba-chan dan akiba-kei.

Baca Juga: Di Jepang, Vegetarian pun Bisa Makan Ramen!!
blue ramen
Lina Blue Cooled Ramen

Yang kedua adalah Blue Ramen dari resto Kipposhi yang terletak tak jauh dari Tokyo Sky Tree. Resto sederhana ini menyediakan menu baru bernama  “Clear Chicken Soup Blue”. Satu porsinya dipatok cukup mahal sih. Yaitu sekitar 900 yen (Rp. 104.000,-an). Dengan harga segitu nggak bakal bikin kalian nyesel makan kok. Karena menurut penjelasan sang koki, mereka menyajikan kuah terbaik dengan teknik memasak rahasia dari china. Yang dapat memadukan rasa tanpa merusak warna. Mereka juga menambahkan bahwa kuah biru bening menggoda tersebut seratus persen terbuat dari bahan alami. Meskipun tidak dijelaskan lebih lanjut apa saja bahannya. Yah, rahasia perusahaan sih ya, hehe.

Kipposhi Blue Ramen

Soal rasa, menurut reporter Rocket News yang sudah mencicipinya. Blue ramen versi Kipposhi ini bahkan lebih enak dari Lina Ramen yang juga punya tampilan “biru”. Mungkin karena disajikan dengan kuah panas kali ya. Apalagi ditambah topping daun bawang segar, telur asin serta ayam bakar khas resto tersebut. Beneran bikin perut keroncongan deh. Akiba-chan dan akiba-kei ada yang ingin mencoba? 😀

Blue Ramen AN
Yummy…

https://www.instagram.com/p/BPWfYH4AKvt/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here