Siapa yang tidak mengenal Black Panther? Film yang diadaptasi dari serial komik superhero ini sangat fenomenal di tahun sekarang. Karakter utamanya diperankan oleh aktor Chadwick Boseman, disutradari oleh Ryan Coogler, diproduksi oleh Marvel Comics dan didistribusikan oleh Walt Disney Studios menjadikan film laga tersebut cukup diminati untuk ditonton. Namun, anehnya, Black Panther di Jepang malah sujud pada Doraemon, lho!

Kok bisa sih film sekelas Black Panther buatan produsen terkenal berlaku sebegitunya pada anime yang bisa dibilang cukup lawas satu ini? Ya, semua dimulai ketika film superhero tersebut mulai rilis di Negeri Bunga Sakura. Namun, seiring dengan perilisan Black Panther, ada saingan kuat yang menyaingi kepopulerannya. Film yang menyaingi Black Panther di Jepang tentu saja adalah film animasi Doraemon yang berjudul Doraemon the Movie: Nobita’s Treasure Island.

Dalam jumlah penjualan tiket, Black Panther harus ikhlas digeser oleh film anime Doraemon yang ke-38 itu. Seperti yang disampaikan banyak media massa, film animasi berjudul Doraemon the Movie: Nobita’s Treasure Island tersebut, berhasil menduduki puncak box office Jepang sejak tayang pada 3 Maret 2018. Film tersebut berhasil meraup penghasilan sebanyak 8 juta US Dolar atau setara dengan 112 miliar rupiah selama akhir pekan lalu. Hebat bukan? Ya, sudah pasti!

Lalu, berapa sebenarnya penghasilan film Black Panther di Jepang, Akiba-chan dan Akiba-kei sekalian? Setelah tayang perdana pada waktu yang bersamaan, film superhero asal Amerika Serikat itu hanya meraup penghasilan sepertiga dari Doraemon the Movie: Nobita’s Treasure Island, yakni sebesar 42 miliar rupiah. Angka yang cukup fantatis sebenarnya, namun jika dibanding dengan produksi lokal masih sangat jauh tertinggal alias kalah telak dalam peraihan penjualan tiket nonton bioskop. Hmm …. Sedikit mengecewakan memang.

Baca juga: Gaim Sano Gaku Bertemu MCU Spiderman Tom Holland, Ada Apa Ya?

Mengenal film animasi Doraemon the Movie: Nobita’s Treasure Island, adalah sebuah film yang diproduksi oleh Toho. Film ini diputar pada 380 bioskop layar lebar di seluruh Jepang. Informasi menyebutkan bahwa kurang-lebih terdapat 700 ribu penonton yang membeli tiket dan menonton filmnya dalam sepekan sebelumnya. Keren, bukan? Iya, dong! Karya legendarisnya Fujiko F. Fujio gitu! Walaupun orangmya sudah tidak ada, karyanya tetap dikenang sepanjang masa.

Oh iya, dasar cerita dari novel Treasure Island karangan Robert Louis Stevenson merupakan inpirasi utama terbuatnya Doraemon the Movie: Nobita’s Treasure Island. Dalam kisahnya, Doraemon, Nobita, Shizuka, Suneo, dan Giant mengarungi Laut Karibia untuk berburu harta karun.

Pertarungan melawan bajak laut lain pun tidak dapat dihindarkan. Nobita dan kawan-kawan harus mengalahkan para bajak laut tersebut agar bisa lepas dari cengkeraman maut. Kemudian, kapal yang ditumpangi Nobita dihantam badai dan seorang bajak laut menculik Shizuka. Seperti dalam seri-seri film animasi sebelumnya, penyelamatan atas Shizuka yang diculik musuh dihadirkan kembali.

Jadi, apa yang Minasan tunggu? Ayo, segera pesan tiket pesawat ke Jepang untuk menonton film animasi Doraemon terbaru! Hehehe …. Siapa tahu kan dapat jodoh di sana. *dih, dasar penulis jomblo!*