Akiba-chan dan akiba-kei pernah lihat telur hitam? Kalau di indonesia sih kita kenal dengan jenis ayam Cemani. Ayam yang berharga mahal ini memang terkenal dengan warnanya yang hitam pekat. Nggak cuman di bulunya aja, bahkan sampai jeroan dan warna telurnya juga ikutan hitam. 😀 Ngomongin tentang telur hitam, Jepang juga punya black egg lho. Tapi black egg-nya jepang bukan berasal dari cemani. Ada yang bisa nebak dari apa? Kalau belum tau simak artikel ini sampai habis deh.

Black Egg

Black egg yang terkenal di jepang berasal dari wilayah Owakudani (大涌谷). Sebuah daerah di prefektur Kanagawa yang dipenuhi dengan gunung berapi aktif. Area ini sangat sulit dijangkau dengan kaki kosong maupaun kendaraan. Satu-satunya cara untuk berwisata kesana adalah dengan ski-lift yang dijalankan menggunakan tali.

Nah diwilayah inilah telur-telur hitam mulai dikembangkan. Awalnya sih, orang jepang sendiri (selain masyarakat sepempat) enggan menyantap telur yang dipandang buruk rupa tersebut. Namun seiring dikenalkannya budaya dan khasiat oleh pemerintah setempat, black egg dari Owakudani makin lama makin dicari. Bila akiba-chan dan akiba-kei memakan black egg ini dipercaya dapat meningkatkan kesehatan dan umur panjang. Seperti yang tertulis pada motto mereka: “tujuh tahun umur telah ditambahkan kepada orang maupun kucing yang memakan (telur) ini”

Lalu kenapa bisa ada black egg tanpa ayam cemani? Jawabannya adalah telur hitam khas Owakudani dibuat dengan cara merebus telur dari ternak segar di dalam mix gas vulkanik dan bijih besi. Sehingga menghasilkan telur hitam yang kayaknya buruk rupa lezat. Meskipun waktu baru mateng tetep bau sulfat nya menusuk hidung. Biasanya, telur telur ini hanya tersedia untuk makan ditempat, kecuali bila memesan terlebih dahulu, kalian bisa membaca dua sampai lima butir untuk dinikmati di rumah. Jangan khawatir basi, karena para black egg ini bisa bertahan lama kok.

Selain terkenal dengan terlur hitamnya, Owakudani juga punya satu makanan khas lagi yang sering diburu wisatawan. Black Ham. Kalau yang ini, konon katanya dibuat dari daging babi hutan. Bentuknya mirip sosis dan berwarna tak kalah hitam. Berbeda dengan si telur, untuk yang satu ini tidak begitu dijelaskan bagaimana cara pembuatannya.

Yang panjang itu katanya ham :v

Dalam official website nya pun hanya ditulis sebagai makanan dengan resep rahasia. Menurut salah satu reporter Sora News yang telah berkunjung kesana, kedua makanan ini rasanya lebih enak dibanding telur atau sosis biasa. Plus bila disimpan dalam kulkas lebih lama akan menghasilkan rasa yang lebih kuat dan enak. Jika diberi kesempatan, apakah akiba-chan dan akiba-kei berminat mencoba? 😀

Comments

Loading...