Banyak manga BL yang dibuat di Jepang, bahkan bisa dalam bentuk lain selain manga. Tapi kuantitas yang banyak bukan berarti semuanya berkualitas, dan bahkan yang berkualitaspun belum tentu dapat memenuhi selera semua orang. Lalu bagaimanakah cara untuk bisa dengan efektif menemukan buku BL yang bagus dan sesuai selera? Nah kalau di Jepang ada sesuatu yang bagus untuk membantu hal itu, BL Sommelier.

Sommelier adalah seorang profesional yang telah terlatih dalam dunia wine. Mereka biasa dipekerjakan dalam restoran kelas atas, dan tugas mereka adalah memberikan rekomendasi wine yang bagus dan cocok untuk diminum bersama dengan hidangan yang disajikan kepada pelanggan.

Dan serupa dengan hal itu, yang dilakukan oleh sang BL Sommelier, atau Boys Love Books Sommelier Service untuk nama lengkapnya, adalah memberikan rekomendasi buku Boys Love sesuai dengan selera yang diinginkan pembaca.

Walau ada perbedaannya, dengan yang paling terlihat adalah hal yang direkemondasikan adalah buku manga bukannya wine. Dan satu lagi, jasa BL Sommelier ini ternyata tidak dilakukan oleh manusia, melainkan A.I!

Jasa BL Sommelier ini dibuat oleh website bernama Chil Chil yang memang bisa dibilang sebuah portal internet untuk boys love. Dan bagi yang memikirkan apakah “jasa” ini memakan biaya, jawabannya adalah Tidak, alias gratis 😉

Sedangkan untuk bagaimana memakainya, pertama adalah memasukan data referensi. Ada bagian yang agak normal seperti pencarian manga dalam website baca manga online, tapi ada juga yang unik dan terasa.. Waw 😉 Seperti bagaimanakah perasaan pembaca saat ini, apakah normal, atau ingin yang hangat, atau yang Kerass.

Dan setelah data-data tersebut dimasukan, sang BL Sommelier kemudian memberikan judul-judul yang sesuai, dengan info yang detail dan bisa terhubung pada toko online yang menjual buku tersebut. Misalkan seperti memperlihatkan elemen dalam ceritanya, seperti Megane/kacamata atau Ossan/om-om, dan juga level keerotisannya!

Bagi yang sudah memiliki akun website Chil Chil, hasil analisisnya jadi lebih detail lagi, tapi jasa ini tetap bisa dipakai dan tetap gratis bagi yang tak ada akun website tersebut. Tapi sayangnya yaa, ini semua RAW alias full dalam bahasa Jepang saja.

Comments