Anak-anak yang tumbuh dan berkembang di tahun 2000-an adalah mereka yang mengingat serial animasi bajak laut. Ditayangkan oleh salah satu televisi swasta, One Piece adalah animasi paling menarik untuk ditonton anak-anak saat itu. Animasi tersebut bercerita tentang perjalanan seorang pemuda bernama Luffy si Topi Jerami dalam menggapai impiannya menjadi bajak laut nomor satu di dunia. Di dalam pengembaraannya, sifat Luffy yang terkadang naif ternyata berhasil membuatnya mendapat banyak teman dan menjadikan ia diangkat sebagai kapten perompak oleh teman-temannya tersebut. Cerita pun bergulir seiring episode berganti.

Dengan adegan pertarungan yang mengagumkan, animasi One Piece lebih digemari oleh anak laki-laki ketimbang perempuan. Luffy, tokoh utama cerita yang doyan makan sering mengundang gelak tawa dari para penonton. Sifat Luffy yang benar-benar rakus ketika berhadapan dengan berbagai hidangan terlihat sangat gokil. Ekspresinya akan bertambah aneh, caranya makan pula terlalu cepat dan ‘menggila’. Selain itu, One Piece juga menyuguhkan sifat Luffy yang lainnya. Beberapa mungkin terasa konyol seperti ‘doyan makan’, akan tetapi ada juga yang menginspirasi.

Nah, sifat-sifat Luffy yang menginspirasi inilah yang Akiba Nation susun dan sajikan untuk Akiba-chan serta Akiba-kei di rumah yang sedang kehilangan gairah hidup. Gulir ke bawah untuk mengetahui selengkapnya. 😀

1. Pantang Menyerah

Via Gambarnaruto

Pantang menyerah merupakan sifat dari seorang pejuang sejati, dan hal satu ini dimiliki oleh Luffy. Sifat Luffy yang keras kepala ketika berbicara soal meraih impianmerupakan apa yang seharusnya wajib dimiliki oleh orang sukses. Minna-san di rumah mesti ‘ngotot’ kalau ingin mendapatkan sesuatu. Bekerja keras, bekerja keras, dan bekerja keras, maka hal mustahil apa pun menurut pandangan Minna-san akan menjadi mungkin. Oleh sebab itu, seseorang yang ingin sukses mesti mempunyai salah satu sifat Luffy yang berada di urutan kesatu ini.

Menilik perjalanan jauh yang telah dilewati oleh Luffy, dari mulai bertemu dengan teman pertamanya, yakni Zoro, dan mengetahui kisah kelamnya, hingga seiring pengembaraannya mengarungi samudra luas, ada banyak hal yang telah ia dapatkan. Ia jadi belajar tentang meraih cita-cita. Dirinya juga sudah merasakan bertarung dengan para bajak laut lain yang kuat dan hebat. Meski begitu, tidak ada pikiran sehelai pun yang terlintas di benak Luffy untuk mundur dan menanggalkan mimpi besarnya menjadi bajak laut terkuat di dunia.

Ya, Minna-san harus belajar dahulu sifat pantang menyerah dari Luffy agar tidak putus asa di tengah jalan, dan membiarkan cita-cita Minna-san semakin jauh untuk diraih.

2. Semangat yang Berkobar-kobar

Via Wikia

Ketahuilah, tidak ada api kecil yang dapat memanggang kalkun sampai matang, dan tidak ada angin kecil yang bisa membuat sebuah bahtera berlayar. Semangat, adalah apa yang wajib diisi penuh setiap saat. Tidak boleh kosong. Orang yang kehilangan semangatnya sama saja dengan mayat yang berjalan. Maka dari itu, Akiba-chan dan Akiba-kei sekalian, mari kita contoh sifat Luffy yang begitu bersemangat dalam menjalani kesehariannya. Ia tertawa lebar pada semua orang, mengepalkan tinju ke udara, dan bertingkah seperti anak-anak yang dijanjikan mainan oleh orangtuanya.

Benar, kita tidak boleh murung dan sangat cemas memikirkan banyak hal. Terlalu lama galau tidak jelas hanya akan menganggu kegiatan sehari-hari, dan dapat berbuntut masalah kesehatan. Merencanakan masa depan dengan matang tentu boleh, akan tetapi alangkah baiknya jika diimbangi dengan kerja keras. Seperti Luffy yang mengarungi samudra luas, ia mungkin berpikir tentang banyak hal seperti kita, berbagai peristiwa yang telah ia alami, merencanakan apa yang akan ia lakukan, namun ia tetap semangat menjalani hari-harinya. Terus bekerja keras, dan masa depan yang cerah akan datang dengan sendirinya. Alam sangat menyukai orang-orang yang bersemangat.

3. Berpikir Positif

Via Walldevil

Kemungkinan buruk memang selalu membayangi setiap langkah Minna-san, akan tetapi terus berpikir positif seperti apa yang selalu dilakukan oleh Luffy adalah solusi terbaik. Ya, terlalu berburuk sangka di setiap situasi hanya akan membuahkan hasil yang buruk, bahkan lebih buruk dari terjadinya kemungkinan buruk itu sendiri. Waspada boleh saja. Curiga tentu diperbolehkan. Asal, dengan takaran yang pas dan tindakan yang sesuai. Sifat Luffy yang selalu berpikir positif hampir dalam segala hal adalah apa yang patut kita tiru. Orang sukses adalah orang yang mampu membuat siapa pun di sekitarnya merasa nyaman dan aman karena pikiran positifnya.

Baca juga: 5 Tokoh Penting Dibalik Keinginan Monkey D Luffy Menjadi Raja Bajak Laut

4. Sederhana Tanpa Pencitraan

Via Youtube

Jika Minna-san suka membaca buku, maka akan menemui banyak buku yang mengajarkan bahwa kesederhanaan merupakan kunci gerbang kebahagiaan yang hakiki. Betul, itu benar sekali. Orang-orang yang sederhana lebih bahagia hidupnya karena ia tidak harus menyembunyikan apa pun. Tidak ada yang mesti ditutupi olehnya. Sedangkan, mereka yang memakai topeng cenderung hidupnya tidak bahagia karena harus menjaga topengnya tetap di tempatnya. Sifat Luffy yang menunjukkan kesederhanaan merupakan sesuatu yang keren. Ia tidak memikirkan apa yang akan dipikirkan oleh orang lain, selama hatinya berkata bahwa apa yang dilakukan adalah benar, maka tidak ada sesuatu yang dapat menahannya.

5. Ramah dan Baik Hati

Via Devianart

Meski dirundung masalah sedemikian rupa, Luffy tetap ceria dan ramah. Dalam setiap pertarungan ia akan menunjukkan rasa solidaritas yang luar biasa. Luffy tidak akan mengincar musuh yang tidak memiliki kekuatan untuk bertarung lagi, seperti anak buah dari pimpinan seorang bajak laut yang kuat. Ia dominan menyerang pemimpinnya yang lebih mempunyai kekuatan yang seimbang. Sifat Luffy satu ini memberi ciri khas bahwa ia baik hati. Orang-orang yang sungguhan sukses kebanyakan selalu ramah dan dermawan, bukan? Mungkin mereka mencontoh dari sifat Luffy tersebut. Yuk, mari kita juga mencontohnya.

6. Idealisme

Via Picfinder

Orang-orang yang memiliki prinsip teguh lebih mudah sukses dalam hidupnya, ketimbang orang yang tidak punya pendirian dan plin-plan. Karena idealisme itu memang sungguh dibutuhkan agar seseorang tidak mudah terbawa arus. Sifat Luffy yang memegang teguh prinsipnya sekali lagi mengajarkan kita tentang kesuksesan. Bajak laut dengan nama lain Si Topi Jerami itu memiliki prinsip bahwa tidak boleh mengorbankan teman, bahkan untuk urusan mendesak apa pun. Nyawanya lebih suka ia korbankan demi menolong sahabatnya. Ia pula akan melakukan apa pun jika itu sangat diperlukan oleh teman-teman bajak lautnya.

Akiba-chan dan Akiba-kei sekalian harus tahu, bahwa sifat Luffy yang nomor enam ini adalah sifat seorang pemimpin sejati!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here