Atomic-327586
Hiroshima adalah kota pelabuhan di tepi Laut Pedalaman Seto yang dikenal sebagai pusat industri tekstil dan barang-barang dari karet. Kota ini didirikan pada abad ke-16 sebagai kota istana di delta Sungai Ota.
Dan merupakan kota pertama di dunia yang pernah dijatuhi bom atom di akhir Perang Dunia II, 6 Agustus 1945. Sekarang, Hiroshima terkenal di dunia sebagai kota perdamaian.

Hiroshima secara harafiah berarti “pulau luas.” Pada waktu itu istana didirikan di tengah pulau (daratan) yang paling luas di tengah-tengah delta sungai. “Hiro” diambil dari nama Ōe Hiromoto (nenek moyang klan Mōri), sedangkan “shima” diambil dari nama Fukushima Motonaga yang memimpin pembangunan konstruksi istana.
Kota ini merupakan kota utama di wilayah Chugoku. Pada zaman Edo, Hiroshima merupakan kota di sekeliling istana untuk Han Hiroshima. Sejak zaman Meiji hingga berakhirnya Perang Dunia II, Hiroshima merupakan pusat industri militer dan logistik untuk keperluan perang. Di antara produk kebanggaan kota Hiroshima adalah mobil Mazda, makanan ringan merek Calbee dan saus merek Otafuku.
Walaupun kota ini dulu pernah di Bombardir, sekarang kota ini memiliki tempat-tempat yang tidak kalah indah lhooo, ingin tau seperti apa? yuk kita liat langsung dibawah!.

1. Hiroshima Peace Memorial
hiroshima_peace_memorial_park_dome_by_njkuro-d5mltlaMuseum ini didirikan pada Agustus tahun 1955, museum ini menampilkan berbagai peninggalan atas tragedi hancurnya Hiroshima pada perang dunia kedua dimana pada saat itu, Jepang di jatuhi bom oleh Amerika Serikat. Setelah berhasil menjatuhkan Hiroshima, kota kedua yang menjadi sasaran bom Amerika Serikat adalah Nagasaki. Hiroshima Peace Memorial Museum ini merupakan tempat yang sangat terkenal di Hiroshima, banyak wisatawan asing maupun lokal datang ke tempat yang penuh bersejarah ini. Museum ini pun menjadi tempat edukasi sejarah yang sangat diminati oleh siswa-siswa sekolah di Jepang. Struktur bangunan telah berubah dari arsitektur aslinya. Genbaku Dome yang merupakan kerangka logam  sangat terkenal sebagai bagian dari Hiroshima Peace Memorial. Dan telah terdaftar dalam Situs Warisan Dunia UNESCO.
hiroshima_peace_memorial_museum_hiroshima_pref_japan_photo_jnto
Program pendidikan untuk para pelajar yang ada di museum Hiroshima Peace Memorial Museum ini sangat beragam, seperti pertunjukan video seputar bom Hiroshima, penjelasan tentang berbagai foto poster dan video dan juga pemandu wisata sukarelawan yang akan dengan senang hati memandu para pengunjung yang datang ke museum ini. Hiroshima Peace Memorial Museum ditetapkan sebagai warisan dunia UNESCO sejak tahun 1996 yang lalu. Museum ini sangatlah luas, pengunjung akan betah berlama-lama melihat koleksi benda bersejarah yang ada di museum ini karena tak cukup sehari untuk menikmati benda-benda yang ada disini.

2. Miyajima, Itsukushima Shrine

itsukushima-shrine_2Miyajima adalah salah satu dari tiga tempat terbaik di Hiroshima, Jepang. Di pulau ini, terdapat Itsukushima Shrine yang sangat terkenal dan dibangun pada masa pemerintahan Empress Suiko di 593. Setelah melalui banyak rekonstruksi, kuil terlihat seperti sekarang ini, struktur megah dan mewah yang terlihat seolah-olah mengambang di laut. Ini adalah warisan nasional yang dihormati dan banyak pengunjung datang untuk melihat tempat ini dan ketika air laut surut, mereka tidak ragu-ragu untuk datang lebih dekat.

Kalau ingin mengunjungi kuil ini, kalian harus naik kapal ferry yang secara teratur berangkat dari Hiroshima. Sebelum sampai di bangunan utama kuil, kita akan melewati Toori Floating Gate. Toori Floating Gate adalah gerbang merah raksasa yang berdiri kokoh di tengah laut. Gerbang yang memiliki tinggi 16 meter dan lebar 24 meter ini pertama kali dibangun dan dikembangan pada abad ke-12. Namun gerbang yang sekarang merupakan hasil karya yang dibuat tahun 1875.

Saat air sedang surut, kuil beserta gerbang tampak berdiri di atas pasir putih. Kita bisa mendekati gerbang raksasa kuil ini dengan berjalan kaki. Asik sekali! Saat air laut sedang pasang, kuil dan gerbang tersebut perlahan-lahan mulai dikelilingi lautan. Bangunan kuil ini akan tampak bagai mengapung di atas air. Jika air surut, pengunjung bisa berjalan kaki mendekati gerbang raksasa ini

 

3.Onomichi
onomichi_photoBOnomichi merupakan sebuah kota kecil dengan latar belakang perbukitan dan laut. Dengan  berjalan-jalan di sepanjang lereng di Onomichi, kalian akan melihat pulau-pulau mengambang di lautan dan bukit-bukit dari Kepulauan Shikoku. Ada banyak kuil di Onomichi yang memiliki sejarah lebih dari 1300 tahun silam dan membuatnya menjadi kota bersejarah seperti Nara dan Kyoto.

Sampai pertengahan tahun 80-an, Onimichi merupakan kawasan perdagangan paling ramai di selatan Jepang. Multipel efekpun berlaku. Dimana sejumlah kawasan disekitarnya ikut bergeliat industrinya. Sebut saja Fukuyama yang tepat bertetangga dengan Onomichi, yang kemudian menjadi kawasan perdagangan sangat ramai bahkan menyaingi Onomichi sendiri. Meskipun begitu, Onomichi tetap jempolan dan tak terkalahkan karena Fukuyama karena keindahan pariwisata lautnya. Oleh warga lokal, Onomichi lebih dikenal sebagai tempat syuting banyak saluran televisi, berbagai judul film dan acara variety show.

4.Fukuyama Castle

dsc08621Fukuyama Castle selesai dibangun pada tahun 1622 dan merupakan kediaman Bingo Fukuyama yang memerintah dalam periode waktu itu. Karena serangan udara, menara utama benteng dibakar. Struktur yang baru seperti gambar dibawah  ini dibangun kembali pada tahun 1966. Bangunan-bangunan baru direkonstruksi, yang meliputi menara Tsukimi.

Kastil Fukuyama(Fukuyama-jo) dibangun oleh daimyo Mizuno Katsunari. Benteng ini kemudian menjadi benteng dari keluarga Mizuno sampai akhir abad ke-17. Abe Masahiro, yang merupakan penguasa domain Fukuyama, menjadi gubernur di benteng ini pada pertengahan abad ke-18. Banyak bagian bangunan hancur terbakar pada akhir Perang Dunia II, tapi bangunan seperti menara utama dan bangunan penting lainnya direkonstruksi pada tahun 1966. Menara utama tersebut dibangun kembali dengan diperkuat oleh kerangka baja, dan merumahkan sebuah museum di dalamnya.