Akiba-chan dan akiba-kei pasti udah nggak asing sama Kumamon. Yup, beruang konyol ini sering muncul di berbagai acara televisi jepang. Bahkan meme-nya beredar dimana-mana. Ia adalah maskot dari prefektur Kumamoto di pulau Kyushu. Pertama kali dikenalkan pada 12 Maret 2010 sebagai maskot yang mempromosikan hasil bumi serta segala sesuatu tentang daerah Kumamoto. Ngaak heran kalau dia emang punya sebutan beruang terpopuler se-jepang.

Nah, baru-baru ini Kumamon muncul di goresan gambar karya para mangaka. Ada apa kira-kira? akankah ada anime atau manga baru yang bekolaborasi dengan beruang konyol tersebut? Bukaaaaan. Ternyata hal tersebut merupakan perwujudan project baru para mangaka untuk mensupport pembangunan prefektur Kumamoto.

Kalian masih ingat kan? di tahun 2016 lalu prefektur ini sempat mengalami kerusakan parah akibat gempa. Pada saat itu, para mangaka dan animator pun turut mengirimkan pesan semangat kepada Kumamon. Termasuk beberapa mangaka besar seperti Eiichiro Oda, Takeshi Konomi, Anime Tamago dan Pokemon Go.

Nah menyambung dari hal diatas, pembangunan kembali prekfektur kumamoto ternyata memakan waktu yang cukup lama dan dana yang besar. Untuk itulah para manga kembali berkumpul untuk menyumbangkan support mereka. Sebuah project baru dibuat dengan melibatkan si Kumamon sebagai sentralnya.

Banyak mangaka membuat ilustrasi kumamon bersama serial mereka. Seperti diantaranya berkolaborasi dengan Kemono Friends, Tezuka Productions, Fist of the North Star, City Hunter, amelicart, Kotobuki Shiriagari, serta Ishimori Pro-Toei. Ada juga beberapa ilustrator kondang seperti Ryuji Tsugihara, Kafka Asagiri, Kamui Fujiwara, Takuya Fujima, dan Yukari Higa.

Beruang Konyol

Totalnya ada kurang lebih 41 artis berbeda yang bergabung dalam project ini. Dan nantinya karya mereka bersama si beruang konyol akan diterbitkan dalam bentuk buku. Namun kabarnya, nggak hanya dirilis buku digital, project ini juga akan mencetak berbagai merch yang bisa dibeli dalam exhibitions. Kisaran harga merch nanti diperkirakan tidak lebih dari 2000 yen. Tapi sayang sekali mereka belum mengabarkan kapan dan dimana event tersebut akan digelar.

Akiba-chan dan akiba-kei yang pengen bantu juga buat korban bencana kumamoto bisa tuh beli merch nya 1 atau 2 biji doang. 😀 Hitung-hitung untuk mensupport karya mangaka kesayangan kalian juga. Bener nggak?