Halo Akiba-chan dan Akiba-kei. Masih seputar berita terkait dengan event E3 2016. Berita kali ini adalah soal Kojima Hideo, yang telah bekerja sama membuat game dengan perusahaan Sony. Dan dalam event E3 2016 ia telah memperlihatkan trailer pertama untuk game pertama buatannya setelah keluar dari perusahaan Konami. Game tersebut berjudul Death Stranding. Pertama, yuk kita tonton trailernya. Cekidot~

Nama Pak Kojima tentu sudah terkenal diantara para gamer sebagai pembuat dari seri game Metal Gear. Para gamer pasti tahu soal perselisihan Pak Kojima dan perusahaan Konami. Membuat Metal Gear Solid V Phantom Pain menjadi game terakhirnya dengan Konami. Selain itu para gamer tentu tahu soal projek untuk game Silent Hill P.T yang akan dibuat olehnya, yang tadinya juga menterlibatkan nama besar lain dari negara barat, seperti sang sutradara movie Hollywood terkenal Guillermo del Toro, dan aktor terkenal dari seri drama Walking Dead, Norman Reedus. Akan tetapi sayangnya projek game itu akhirnya dibatalkan, walaupun demo game itu terlihat lumayan menjanjikan.

Tapi sepertinya Kojima tak sepenuhnya melepaskan buah karyanya itu. Karena projek game baru dari Kojima dan Sony ini, Death Stranding, terlihat seperti sedikit perpaduan dari kedua game tadi. Dalam trailer tidak diberikan video soal gameplay, tapi dari segi cerita, terlihat adanya kesan misteri didalamnya, dan juga sedikit sci-fi atau horor, dengan terlihat mayat binatang dimana-mana dan bayangan di langit yang terlihat seperti sebuat pesawat/alien. Dan juga, diperlihatkan sang pemeran utama game itu, sang aktor yang tadinya bergabung dalam projek Silent Hill P.T, Norman Reedus, dengan tampilan grafik yang memakai wajah dan fisik aslinya, memakai teknik Photogrammetry, yang sebelumnya juga dipakai dalam Metal Gear Solid V.

Dalam website Kojima Production, diperlihatkan berbagai screenshoot akan Behind the Scene pembuatan trailer Death Stranding itu. Teknik Photogrammetry yang dipakai untuk model game Pak Norman dijelaskan memakai ratusan foto yang diambil dari seluruh angle untuk membuat model 3D wajah dan badan yang sama dengan aktor aslinya. Bisa dilihat dari screenshot jumlah kamera yang banyak sekali dipakai dan dipasang mengelilingi Pak Norman.

dsbts1

dsbts2

dsbts3

Untuk gerakan animasinya, dipakai teknik motion capture yang menangkap gerakan badan dan juga ekspresi wajah Norman Reedus. Selain itu, gerakan kamera juga disimulasikan dengan kamera virtual sebagai referensi. Semua data perekaman ini dilakukan di studio Visual Art Service Grup milik Sony di San Diego, dan setelah direkam kemudian dikirim ke Jepang dan dibuat ulang memakai game engine.

dsbts4

dsbts5

dsbts6

Semoga Death Stranding ini sukses ya Pak Kojima. Sungguh disayangkan Konami sampai melepas beliau. Tapi ya, setidaknya Pak Kojima tetap bisa lanjut membuat game lagi. Dan Kojima sendiri sepertinya tidak sedih lepas dari Konami, seperti yang terlihat dari twitter miliknya ini,

😀 😀 😀