Animanga dan turisme memang kedua hal yang begitu erat antara satu sama lain, apalagi saat ini. Berbagai prefektur dan kota di Jepang jadi kedatangan banyak turis dan mendukung ekonomi prefektur tersebut. Seperti Kimi no Na wa pada Hida atau Girl und Panzer pada Ooarai. Yang lain lagi adalah Prefektur Yamanashi, yang berkat animanga Yuru Camp jadi semakin meningkat lagi keuntungan turismenya.

Hal tersebut sudah terlihat sejak musim penayangan anime Yuru Camp pada musim dingin 2018 kemarin. Tak hanya Hobi kemping pada musim dingin jadi semakin dilirik berkat anime tersebut, tapi begitu juga lokasi kemping dalam Prefektur Yamanashi yang ditampilkan dalam animanga itu.

Prefektur Yamanashi yang tadinya gersang dalam hal anime tourism jadi punya lokasi anime pilgrimage sendiri, dan prefektur tersebut memakai kesempatan ini dengan membuat website yang memberi guide akan berbagai spot asli Yamanashi yang muncul dalam Yuru Camp.

Dan turis camper berdatangan untuk mengunjungi berbagai lokasi tersebut. Membuat kemping musim dingin yang dikatakan dalam anime dan memang aslinya sepi disitu, malah jadi ramai, dan mendatangkan tak hanya pengunjung Jepang tapi juga dari luar.

Dan sekarang sekitar setahunan telah lewat, dan menurut sebuah survey yang dirilis bulan Februari ini dan diisukan oleh Universitas Yamanashi dan Konsultan Management Bank Yamanashi, ditunjukkan kalau animanga Yuru Camp masih belum selesai membawakan keuntungan kepada prefektur tersebut.

Menurut survey itu, dikatakan kalau lima event yang diadakan dalam prefektur tersebut selama tahun 2018 kemarin berhasil mendatangkan pendapatan sebesar 85 juta Yen! Dan pengunjung menghabiskan uang 40% lebih banyak daripada tahun-tahun sebelumnya. Dan sekitar 83% penduduk Minobu yang diwawancara mengatakan itu berkat Yuru Camp.

Universitas Yamanashi tapi masih belum selesai akan data survey ekonomi tersebut. Mereka mengumumkan kalau akan diadakan sebuah simposium untuk mendiskusikan hasl survey itu lebih lanjut lagi bulan depannya.

Hebat ya mina-san kekuatan animanga. Dan sepertinya keuntungan itu bisa semakin meningkat lagi kedepannya, mengingat akhir tahun lalu telah diumumkan kalau ada projek film dan juga season baru anime Yuru Camp.