Kekuatan fans bukanlah sesuatu yang bisa diremehkan. Fans yang bersemangat dan menyukai sebuah karya juga bisa membuat sesuatu yang keren. Tak hanya cosplay atau fanart, bahkan bisa buat game sendiri, atau bahkan anime sendiri. Atau bahkan sesuatu yang bisa lebih dalam lagi dari segi budaya dan sejarah. Contohnya dalam kabar ini. Berkat fans game Touken Ranbu, tantou Yagen Toushiro kembali lagi dijaman modern ini.

Sekilas legenda/sejarah. Tantou, atau pedang pendek, ini awalnya adalah pedang milik seorang Daimyo bernama Hatakeyama Masanaga. Ia memakai tantou ini untuk upacara Seppuku, atau bunuh diri dengan terhormat.

Tapi pedang tersebut tak bisa menusuk perutnya. Hatakeyama yang frustasi kemudian melemparnya, dan pedang tersebut menusuk tembus sebuah yagen. Batu tumbukan yang dipakai untuk membuat obat. Dan dari situlah ia mendapat namanya.

yagen toushiro

Untuk alasan menghilangnya Yagen aniki ini, terjadi saat pedang tersebut telah berpindah tangan menjadi milik seorang karakter Sengoku Jidai legendaris. Mina-san kemungkinan besar tahu namanya. Ia adalah salah satu dari tiga pemersatu Jepang, Oda Nobunaga.

Yagen Toushiro menghilang ditelan sejarah setelah kejadian Honnouji. Saat Nobunaga dikhianati oleh Akechi Mitsuhide, yang memaksanya untuk melakukan Seppuku. Entah benar atau tidak, tapi agak banyak kasus Seppuku ya dalam sejarah pedang ini hehehe.

Tapi walau fisiknya hilang, legendanya membuat pedang tersebut terus diingat. Dan tentu, pedang ini menjadi salah satu karakter dalam game Touken Ranbu, dalam bentuk seorang pemuda bishie dan cool. Wajar ia jadi populer dikalangan generasi modern. Apalagi ia juga muncul dalam anime Katsugeki Touken Ranbu yang sedang tayang dimusim ini.

Dan kita mungkin sudah tahu bisa se-passionate apa fans seri Touken Ranbu. Seperti contohnya, berkat bantuan para fans Touken Ranbu, tak hanya katana Hotarumaru bisa dipulangkan kembali ke Kuil Aso, tapi perbaikan untuk Kuil Aso itu sendiri, yang rusak karena gempa, bisa dilakukan juga.

Dan seperti itu, seorang fans Touken Ranbu, yang juga seorang pendeta, sampai menghubungi seorang pandai besi katana tulen, bernama Mizuki Yoshimitsu. Untuk membuat ulang pedang Yagen Toushiro ini, dari legenda kedunia nyata.

Mizuki sendiri bukan sembarang pandai besi. Ia adalah murid dari seorang pandai besi ternama, Yoshihara Yoshindo, pembuat pedang terkemuka diera modern ini. Pembuatan pedang Yagen Toushiro ini telah selesai pada bulan Mei, tapi baru diberitakan akhir minggu lalu, bersama dengan video pembuatan pedang tersebut.

Comments

Loading...