Telah Mina-san semua ketahui, bahwa banyak sekali hasil olahan masakan Jepang yang menjadi makanan favorit khalayak ramai di Indonesia, disukai karena cita rasanya yang berbeda ketimbang makanan khas dari negeri lain. Makanan dari negara yang menjadikan China sebagai pengaruh besar perkembangannya tersebut, sangat populer di beberapa belahan di bumi. Oleh sebab itu, Penulis kali ini akan merangkum 5 makanan khas Jepang yang terkenal seantero dunia. Berikut ulasannya, mari disimak.

 

  1. Sushi

Sushi

Ya, Sushi adalah yang pertama mendapat ranking. Itu dikarenakan Sushi ialah makanan yang paling unik dari Jepang, nyaris seluruh penduduk di dunia tahu akan makanan satu ini. Bukan hanya di negara asalnya saja, Sushi juga disukai oleh hampir sepertiga orang di Indonesia. Banyak sekali yang menjajakan makanan satu ini di restoran-restoran dan stan makan di Nusantara kita, terutama ibukota Jakarta. Bahkan, di bilangan Jakarta Selatan dan pusat, mudah ditemui dimana semua penyajian makanannya hanya makanan khas Jepang punya.

Sushi yang merupakan makanan tradisional dari Negeri Bunga Sakura sendiri, dibuat dari nasi yang digulung bersama potongan daging ikan mentah nan segar. Biasanya yang digunakan untuk Sushi itu yakni ikan Salmon dan Tuna. Sushi dilipat pula bersama rumput laut Jepang dengan alat pelipat khusus yang terbuat dari stik kayu seperti tikar gelaran. Dibuat memanjang lalu diiring menjadi bentuk cakram, Sushi disajikan bersama wasabi sebagai penetralisir kuman di daging mentah, lalu mangkuk berisi kecap asin yang sebelumnya mendapat olahan terlebih dahulu.

 

  1. Sashimi

Sashimi

Sashimi merupakan makanan khas Jepang yang hampir sama dengan Sushi. Namun, Sashimi lebih dahulu ada sebelum Sushi, tepatnya pada era-era Jepang kuno silam. Letak perbedaan Sashimi dengan Sushi hanya terletak pada nasinya saja, Sashimi tidak digulung dengan nasi menjadi gulungan lalu diiris berbentuk cakram seperti halnya Sushi, cuma disajikan mentah dengan wasabi dan kecap asin olahan.

Dengan wujud potongan daging ikan Salmon atau Tuna mentah, begitu pula sering ditambahi dengan kentang rebus, sayur-sayuran, dan gurita, Sashimi sering menjadi perhatian aneh penduduk Indonesia yang kurang menyukai olahan mentah dimana bahannya memang benar-benar mentah. Tapi di sekitaran Eropa dan beberapa negara Asia, Shasimi amat terkenal dan konon menduduki urutan kedua setelah Sushi. Adakah Minna-san yang mau mencicipi Sashimi? Kandungan protein dan zat mineralnya sangat tinggi lho! Itu dikarenakan Sashimi terbuat dari hewan laut yang tidak dimasak, benar-benar terjaga keaslian kandungan vitaminnya. Selain kita merasakan makanan yang lezat karena menyantap Sashimi, kita juga mendapat khasiat yang baik dari makanan kaya subtansi bermanfaat satu ini. Tapi, tidak dianjurkan bagi yang tidak suka olahan makanan mentah lho ya. Nanti bukannya suka, malah mengutuknya karena keluar lagi dari dalam perut. Hihihi…

 

  1. Tempura

Tempura

Tempura mendapat daftar yang ketiga setelah Sushi dan Sashimi. Meski diperkenalkan oleh bangsa Portugis pada abad ke-15, Tempura lebih dikenal sebagai makanan khas dari Jepang. Itu dikarenakan adanya sedikit perbedaan proses memasak serta bumbu antara Tempura original milik Portugis dengan Jepang, yang membuat Tempura hasil olahan Jepang lebih dinikmati oleh dunia.

Karena rasanya yang berbeda, Tempura khas Jepang mendapat sorotan publik amat sangat besar dan diminati oleh hampir seluruh rumah makan di berbagai negara. Tempura dibuat dari bahan pokok tepung, olahan hewan laut, dan sayuran Jepang. Lalu setelah dibalut dengan sangat baik serta diaduk dengan rempah-rempah khusus milik Negeri Matahari Terbit, semuanya siap digoreng. Rasa renyah adalah cita rasa tertinggi dalam makanan satu ini.

 

  1. Ramen

Ramen

Mie instannya orang Jepang ini menduduki jajaran ke-empat setelah tiga makanan sebelumnya. Namanya Ramen, seperti halnya mie instan yang lazim kita semua temui di Indonesia, mendapat perhatian banyak juga oleh kacamata dunia. Ini dikarenakan Ramen menggunakan bumbu yang berbeda sendiri dari mie-mie produksi perusahaan umumnya. Itu yang menjadikan Ramen disukai bahkan oleh bukan orang Jepang. Di Jepang sendiri, Ramen ialah makanan sehari-hari masyarakat Jepang, terutama para remaja yang tidak suka ribet. Ramen dapat mengatasi masalah perut yang tidak dapat diatasi oleh waktu!

Tersedia juga dalam kemasan cup, Ramen menjadi makanan instan paling diminati sebagai teman terbaik ketika sudah sangat lapar. Namun katanya, Ramen yang dibuat langsung hasil olahan chef Jepang di stan-stan makan yang ada juga di Indonesia, menjadi lebih enak karena kaya akan bumbu serta bisa request bahan yang ada di dalam Ramen-nya.

 

  1. Takoyaki

Takoyaki

Takoyaki-lah yang terakhir dalam lini artikel ini, Minna-san sudah pasti sangat familiar terhadap makanan bernama Takoyaki. Masakan yang dicipta dari bahan utama gurita segar tersebut, merupakan makanan khas Jepang yang bisa ditemui kapan saja dan di mana saja di negerinya.

Bersama adonan tepung terigu, keju, rumput laut, serutan ikan Cakalang, beberapa bumbu khusus, dan saus mayonnaise sebagai pelengkap, Takoyaki disukai oleh semua jenis umur, seluruh strata kalangan masyarakat, dari penjuru lokal Jepang sampai pelosok tempat dunia, bahkan Indonesia sendiri.

Biasa dalam wujud bulat kecil yang sempurna, Takoyaki mempunyai keunikan yang tidak terkalahkan oleh makanan lain. Bisa dikatakan ukurannya sama dengan bakso kecil, namun bumbu yang lumer di mulut ialah hal yang tidak ada serta didapati dari makanan khas Indonesia bernama Bakso tersebut, dimana Bakso didakwa sebagai makanan populer yang Indonesia kita punya. Ada kelebihan dan ciri tersendiri pada dua makanan yang asalnya berbeda itu, membuat satu sama lain memiliki karakter masing-masing.

Selain disajikan dalam bentuk bulat yang limit, Takoyaki kadang diubah menjadi bentuk yang berbeda. Seperti bentuk kotak besar, lonjong, ikan, dan terkadang bunga. Hal tersebuat membuat Takoyaki lebih menarik serta tambah unik. Sama halnya dengan Bakso yang dapat berubah-ubah bentuk dan ukurannya pula.

 

Nah, itulah artikel 5 Makanan Khas Jepang Yang Terkenal Seantero Dunia versi Akiba Nation. 🙂 Maukah Minna-san mencoba salah satunya?

Sebenarnya, kalau mesti dijelaskan, masih ada beberapa makanan khas Jepang lagi yang ingin Penulis buat daftarnya, namun seperti di lain waktu adalah kesempatan yang tepat. 😀 See you at there, Minna-san! Ja, mata ashita!

SHARE
Previous articleNOCTURNAL BLOODLUST Luncurkan MV Baru “Malice Against”
Next articleSiM Siap Merilis Live DVD “WHO SAYS WE CAN’T”
Winata SilenceAngelo merupakan seorang penulis remaja yang lahir pada 3 September 1997 di kota Karawang. Kecintaannya terhadap diksi yang melankolis serta menyentuh mengantarkannya ke dunia kepenulisan. Pada umurnya yang masih sangat muda ini, ia berhasil meraih beberapa penghargaan sastra serta menjadi kontributor dari buku-buku puisi. Menurut Winata, dalam sebuah naskah, entah itu novel, cerpen, esai, puisi, atau sekadar kata-kata, yang terpenting adalah unsur amanat. Seperti ketajaman pada ujung mata pedang, amanat merupakan apa yang menjadi tolak ukur suatu seni. Di sanalah segala dari pemikiran sang penulis bermuara, hingga kemudian menunjukan keindahannya dengan sangat artistik.