Baru saja digelar, MAMA (Mnet Asian Music Award) tahun ini digelar dengan sangat spektakuler. Ajang penghargaan besar ini diselenggarakan setiap tahun dengan beberapa kategori dan nominasi yang sangat dinantikan. Deretan nominasi di ajang MAMA Awards tidak hanya dari artis Korea saja, melainkan ada salah satu kategori penghargaan yang dikhususkan untuk artis-artis Asia diluar Korea. Penghargaan Best Asian Artist Award diberikan kepada artis yang menjadi perwakilan dari masing-masing negara yaitu Jepang, China, Vietnam, Thailand, Singapura dan juga Indonesia.

Jepang menjadi salah satu negara yang cukup sering memboyong penghargaan MAMA Awards ini. Hampir setiap tahun, dimulai dari tahun 2004, selalu saja masuk nominasi dan akhirnya membawa pulang tropi yang begitu bergengsi itu. Nah, kira-kira siapa saja ya artis asal Jepang ini yang pernah memenangkan MAMA Best Asian Artist Award? Yuk, kita simak infonya berikut ini!

1) Sekai no Owari

sekai_no_owari_070115

Band yang lebih dikenal dengan sebutan ‘SekaOwa’ ini baru saja memenangkan penghargaan Best Asian Artist perwakilan Jepang di ajang MAMA 2016. Band beraliran rock dengan personil Satoshi Fukase, Saori Fujisaki, Shinichi “Nakajin” Nakajima dan DJ Love mampu membuktikan bahwa eksistensi pop-rock masih diperhitungkan.

 

2) AKB48

akb48Siapa yang tidak tahu idol group dengan member terbanyak yang satu ini? Ya, AKB48 pernah memenangkan kategori Best Asian Artist sebanyak dua kali, yaitu pada tahun 2012 dan 2015. Selain itu, AKB48 juga penah memenangkan kategori Asia Recommended Award perwakilan Jepang pada tahun 2009. Ya, inilah satu-satunya artis Jepang yang paling banyak memboyong penghargaan MAMA Awards! Wah, selamat ya!

 

3) Kyary Pamyu Pamyu

15842-r1esuk2jtjKyary Pamyu Pamyu pernah memenangkan kategori Best Asian Artist untuk perwakilan Jepang pada ajang MAMA 2013. Penyanyi cantik dan imut ini selalu tampil dengan gaya mirip seperti babydoll.

 

4) Leo Ieiri

leoieiriPenyanyi sekaligus pencipta lagu ini juga tidak ingin kalah eksis dengan artis-artis Jepang lainnya, lho! Di umurnya yang pada saat itu baru 20 tahun, Leo Ieiri mendapatkan penghargaan Best Asian Artist untuk perwakilan Jepang pada tahun 2014. Umur yang cukup muda untuk prestasinya yang begitu gemilang!

 

5) Koda Kumi

koda-kumiPenyanyi multitalenta kelahiran 13 November 1982 pernah meraih penghargaan Hottest Asian Artist pada ajang MAMA 2011. Ia juga dikenal sebagai pencipta lagu dan aktris yang cukup produktif, dengan genre RnB yang melekat pada dirinya.

 

6) Perfume

perfume-groupSalah satu grup pop asal Jepang ini pernah memenangkan kategori Pop untuk perwakilan Jepang pada tahun 2010. Grup ini terdiri dari Ayano Ōmoto (“Nocchi”), Yuka Kashino (“Kashiyuka”) and Ayaka Nishiwaki (“A-chan”). Ada yang juga mengidolakan mereka? ^_^

 

7) Chemistry

cm

Duo idol yang memulai karir sebagai pemenang ajang pencarian bakat di Jepang ini dibentuk pada tahun 2001. Mereka pernah memenangkan kategori R&B perwakilan Jepang pada tahun 2010 bersamaan dengan Perfume.

 

8) W-inds

w-indsGrup yang terdiri dari Ryohei Chiba, Keita Tachibana dan Ryuichi Ogata ini pernah memenangkan kategori rock perwakilan Jepang pada tahun 2006. Ayo, ada yang bisa menyebutkan lagu-lagu hits dari mereka? 😀

 

9) M-Flo

mfloDuo grup yang beranggotakan DJ Taku Takahashi dan MC Verbal pernah memenangkan kategori hip-hop perwakilan dari Jepang pada tahun 2004. Kini, aliran musik M-Flo lebih condong ke Electronic Dance Music atau EDM dengan membuat lagu remix.

 

10) Gackt

MAMA awards

Terakhir, ada solois legendaris yaitu Gackt. Ia pernah memenangkan kategori pop untuk perwakilan Jepang pada tahun 2004 bersama M-Flo. Hingga saat ini, Gackt masih eksis di dunia musik dan berbagai acara televisi.

Nah, itu dia 10 artis Jepang yang pernah memboyong tropi penghargaan MAMA Awards. Di Indonesia sendiri, beberapa artis juga pernah memenangkan kategori yang sama, diantaranya adalah Agnez Mo, SM*SH, Raisa, RAN dan yang terbaru adalah Isyana Sarasvati.

Mnet sendiri merupakan salah satu channel televisi di Korea Selatan yang menghadirkan tayangan-tayangan hiburan dan musik. Mnet juga sering mengadakan konser yang mengundang artis ternama baik dari dalam dan luar negeri. Termasuk mengadakan ajang penghargaan MAMA (nama sebelumnya adalah Mnet Korea Music Festival atau MKMF sebelum tahun 2009) untuk para artis lokal maupun luar Korea.

LEAVE A REPLY