Hai akiba-chan, Akiba-Kei… siapa yang tanggal 7 Mei kemarin ke Harumatsuri 11th UHAMKA? Siapa yang rela menunggu sampai malam sambil kehujanan? Kalau ada, bisa jadi kalian menunggu performance mojang bandung yang satu ini, ya….? Kalian pasti tau dong juara satu di Nodojiman The World ke 13 tahun 2015 kemarin? Yaps, kalian benar, acara yang diselenggarakan  Nihon Television (NTV) ini dijuarai oleh wanita berhijab nan anggun bersuara emas asal Indonesia yang ternyata seorang mahasiswi program Studi Bahasa dan Sastra Jepang FIB UNPAD, loh…, siapa? Siapa? Tentu saja Fatimah Zahratunnisa atau yang sering akrab dipanggil ‘Ica’. Doi mengalahkan peserta-peserta lainnya dari negara-negara lain. Keren, kan?

20160507_204848[1]

Pada kesempatan kali ini, team Akiba Nation berhasil nih mewawancarai  wanita kelahiran Bandung, 15 November 1994 ini sebelum manggung, loh… jadi, ayo bareng-bareng kita kepo-in ^^

Akiba: Selain menjadi Juara di Nodojiman The World, juara apa saja, sih, yang telah kamu raih?

Ica: Kalau lomba bernyanyi selain di Nodojiman sepertinya tidak pernah. Tapi aku pernah jadi perwakilan Indonesia di Japanese Speech Award di Tokyo tahun 2012, saat itu aku duduk di kelas dua SMA dan jadi juara dua. Kemarin juga ke Jepang jadi perwakilan Indonesia pada Speech Contest di Nara. Terus, aku juga sering lomba-lomba bahasa Jepang yang ada di Indonesia maupun Internasional.

icha

Akiba: Kira-kira, ada proyek apa untuk tahun ini?

Ica : Proyek untuk tahun ini masih manggung-manggung aja di Jakarta dan Bandung. Masih nunggu kabar juga dari Nodojiman, mungkin di invite lagi. Terus, sempat dihubungi sama produser musik band Jepang dari Okinawa, mereka udah debut, tapi mereka punya subgroup, gitu. Jadi mereka minta aku buat isi featuringnya, tapi musiknya masih dalam proses. Aku recording di sini, nanti dari mereka kirim ke sini. Sebenarnya, sih, diminta ke Jepang, tapi sama bunda belum boleh… disuruh kuliah dulu.

Akiba: Apa suka dukanya saat di Nodojiman The World?

Ica : Suka duka, ya… dukanya dulu kali, ya… awalnya agak asing atau diasingkan, mereka sempet asing melihat orang pakai jilbab. Awalnya mereka ngga terlalu konsen buat ajak ngobrol gitu. Tapi pas tahu aku bisa bahasa Jepang, akhirnya ngobrol-ngobrol juga sama kru-krunya, malah jadi deket.

Kalau sukanya pasti banyak banget ya. Jadi kenal temen baru, bisa ikut lomba ke Jepang dan malah jadi juara yang ngga disangka, dan semua biaya ke Jepang itu ditanggung, jadi seneng banget, tinggal belanja aja, kan.. hehe.

12317577_530366520463432_40149740_n

Akiba: Kalau soal hijab, tanggapan orang-orang di Jepang bagaimana, sih?

Ica: Sebenarnya kalau keseharian, seperti di Tokyo kan banyak yang berhijab untuk studi atau visit di sana, jadi kebanyakan kalau di kota-kota besar sudah biasa aja dengan hijab. Tapi dalam ruang lingkup pertelevisian di Jepang, hijab masih asing. Apalagi kalau masuk kota-kota kecilnya, dari atas sampai bawah diliatin gitu.

Akiba: Bagaimana antusias orang-orang Jepang setelah tahu kalau Fatimah menjadi pemenang Nodojiman?

Ica: Sempet dikabarin temen aku yang orang Jepang, disuruh buka suatu blog semacam kaskusnya Jepang kali, ya. Jadi mereka bisa komentar-komentar disitu. Kaget banget karena responnya positif banget, kaya hampir semua comment bilang semua dukung aku. Jadi di luar ekspetasi aja. Soalnya pas waktu dulu naik panggung, orang-orang ngeliatnya kaya ‘ini bocah mau ngapain?’

maxresdefault

Akiba: Waktu di Nodojiman bawain lagu apa saja?

Ica: waktu babak penyisihan aku bawain lagunya Yui – good bye days. Pas Final aku bawain lagunya blue bird –Ikimono Gakari.

Akiba: Apa harapan Fatimah ke depannya?

Ica: Lulus kuliah, cari-cari beasiswa S2 ke Jepang. Nanti kalau sekolahnya udah lancer tinggal serius dibidang musik yang bener-bener musik aja. Rencana S2 nya nanti mau konsen ke budaya Jepang.

PhotoGrid_1463055503921[1]

Sampai sini dulu ya kepo-in Fatimah yang asik dan supel ini. Apa? Masih kurang keponya? Siap menyelam lebih dalam untuk kenal sama Fatimah? Happy Stalking, dear…

Instagram: Icazahra

Youtube: Icazahra

Twitter: @Zahratunnisa

Soundcloud: Icazahra