Halo, Akiba-Kei dan Akiba-Chan! Apa kabar, nih?

Ketika Akiba-Kei dan Akiba-Chan mengakses media yang berhubungan dengan legenda atau mitos tak jarang kalian akan menemukan kata “shinigami” atau sering diartikan sebagai “Dewa Kematian”. Dalam media tersebut shinigami digambarkan dengan berbagai macam karakter, ada yang menggambarkan sebagai sosok menyeramkan, ada pula bersosok lelaki tampan (*siul*) bahkan ada pula yang digambarkan sebagai cewe moe *.* . Nah kali ini kita akan membahas mengenai berbagai wujud shinigami tersebut terutama di media-media yang berhubungan dengan budaya Jepang ^^V.

  1. Dalam kepercayaan Buddha, dewa kematian digambarkan sebagai Mrtyu-mara, sosok setan yang membuat manusia menginginkan kematian.
  2. Dalam kepercayaan Buddha pula, “Yama” atau “Raja Neraka”, dewa berkepala sapi jantan dan berwajah kuda juga dianggap sebagai sesosok shinigami. Yama tinggal di naraka (sebutan untuk neraka atau dunia bawah) untuk menyiksa jiwa manusia yang telah mati.

    Patung Yama atau Enma di kuil Buddha Naria, Prefektur Kyoto
  3. Sedangkan dalam mitologi shinto, Dewa Izanami memberikan kematian pada manusia, sehingga dalam beberapa literatur disebutkan bahwa Izanami juga merupakan dewa kematian.

    Ilustrasi Dewi Izanami (credit to nihonspirit.com)
    Ilustrasi Dewi Izanami (credit to nihonspirit.com)
  4. Dalam karya sastra kuno “Ehon Hyaku Monogatari” pada zaman Tenpou ke-12 atau tahun 1841, terdapat cerita berjudul ‘Shinigami’. Namun dewa kematian dalam cerita ini merupakan arwah dari manusia yang telah mati. Shinigami ini memunyai maksud jahat seperti mencelakakan manusia yang masih hidup dengan memberi sugesti untuk bunuh diri

    Ilustrasi Shinigami Zaman Tenpou
    Ilustrasi Shinigami Zaman Tenpou
  5. Dalam Anime Full Moon wo Sagashite, sosok shinigami diwakilkan oleh karakter Meroko Yui. Ia membawa sebuah senjata untuk mengumpulkan arwah yang sedang sekarat dan ia juga memunyai kemampuan untuk berubah menjadi seekor kelinci lucu. Walaupun ia memunyai masa lalu yang kelam, Meroko memunyai hati yang lembut.

    Meroko Yui
    Meroko Yui
  6. William T. Spears, shinigami dalam anime Kuroshitsuji (Black Butler) merupakan salah satu sosok dewa kematian berwujud lelaki tampan menurut beberapa fandom *ehm*.  Ia tidak menyukai Sebastian Michaelis. Ia bisa dikatakan merupakan dewa kematian yang membawahi beberapa rekan sesama dewa kematiannya. Ia selalu membawa pisau yang berupa sepasang pisau pemotong rumput.

    William T. Spears
    William T. Spears
  7. Maka Albarn dalam anime Soul Eater, adalah sesosok dewa kematian yang sedang dalam training bersama ayahnya. Sepertinya, ia akan segera memunyai kemampuan yang melebihi ayahnya.

    Maka Albarn oleh Danii Vongola - DeviantArt
    Maka Albarn oleh Danii Vongola – DeviantArt
  8. Asato dan Hisoka dalam anime “Descendants of Darkness”, merupakan dua partner sehidup semati dalam sebuah agen detektif yang dijalankan oleh para dewa kematian. Mereka berdua menginvestigasi kasus-kasus supernatural atau bahkan memecahkan misteri di dunia bawah.Asato dan HisokaAsato dan Hisoka
  9. Momo dalam anime “Shinigami no Ballad”, Dewa Kematian yang mencoba memfasilitasi arwah-arwah agar mereka dapat tenang di alam mereka, bahkan menuruti permintaan mereka apabila ia bisa. Moo ditemani oleh kucing hitamnya yang bernama Daniel dan ia membawa senjata khas dewa kematian, yaitu scythe atau sabit besar.Momo
  10. Komachi Onozuka dalam Touhou Project. Dewa Kematian yang satu ini berwujud cewe moe yang bertugas membantu arwah orang yang meninggal menyebrang sungai menuju alam abadi.

    Komachi Onozuka
  11. Dewa Kematian dalam anime Naruto, adalah makhluk yang biasa dipanggil para ninja untuk menyegel nyawa musuh dalam perut dewa kematian tersebut. Contohnya, saat Hokage Keempat Minato Namikaze menyegel Kurama ke dalam tubuh anaknya, Naruto.Segel Kematian
  12. Ryuk dalam anime Death Note merupakan dewa kematian yang paling menyeramkan dalam dunia manga dan anime. Sering terlihat melayang dan memakan apel bersama Light Yagami, karakter ini lebih condong kepada pengamat daripada karakter utama. Ryuk dengan mudahnya membunuh manusia demi kesenangan pribadi, dan ini membuatnya menyeramkan.

    Ryuk
  13. Batalion Shinigami Gotei 13 dalam anime Bleach. Gotei 13 Soul Society mungkin kelompok Shinigami paling populer dalam dunia pop Jepang. Dewa kematian dalam manga maupun anime Bleach ini  memunyai tugas untuk menjaga keseimbangan antara roh yang mati dan roh yang hidup dengan mengirimkan mereka ke Soul Society menggunakan pedang yang disebut “Zanpakutou”. Karya besar Tite Kubo ini telah diapresiasi fans manga maupun anime di berbagai belahan dunia.goteijuusantai

Wah, jumlahnya kebetulan 13 yah (._____.)

Kenapa yah kok penggambaran shinigami ini lebih banyak dalam budaya pop daripada budaya tradisional Jepang?

Ternyata, konsep mengenai dewa kematian ini diserap dari konsep barat, yaitu Grim Reaper atau personifikasi dari kematian di dunia fiksi barat. Banyak versi dari dewa kematian ini membuat mitos ini menjadi lebih menarik untuk disimak, ya^^!