Masalah virus korona masih belum selesai, dan mereka merambah ke beragam sektor perekonomian pada berbagai negara. Dan dunia otaku di Jepang juga sudah terkena masalah tersebut. Seperti industri game dimana Nintendo dikabarkan mengalami kendala dalam produksi konsol Nintendo Switch. Dan kini juga pada dunia anime, dimana dikabarkan coronavirus jadi mempengaruhi produksi dan penayangan berbagai winter anime musim ini.

Pertama adalah season terbaru dari anime Toaru Kagaku no Railgun T, yang merupakan spinoff dari seri Toaru Majutsu no Index, dan juga salah satu anime yang paling ditunggu penayangannya dalam musim Winter 2020 ini.

Sungguh patut disayangkan penayangan anime itu mengalami hambatan, dengan baru-baru ini diumumkan kalau episode 7 yang dijadwalkan tayang minggu ini pada tanggal 21 tidak akan tayang karena situasi virus korona COVID-19 mempengaruhi jadwal produksinya. Sebagai pengganti, episode 6 akan ditayangkan ulang pada tanggal itu.

Lalu juga ada anime Koisuru Asteroid. Anime adaptasi manga yonkoma karya Quro yang diproduksi oleh studio DoGa KoBo. Anime tersebut dapat ditonton gratis dengan sub Inggris/Mandarin via Youtube untuk region Asia Tenggara pada channel Muse Asia.

Akan tetapi dikabarkan kalau episode 7 dari anime tersebut juga mengalami hambatan dalam penayangannya karena virus korona, dan karena itu kemarin mereka jadi menayangkan episode 6.5 sebagai recap. Tapi sepertinya kini hambatannya sudah terlewati, dengan episode 7 dijadwalkan untuk tayang tanggal 21 besok.

Tapi yang mungkin paling parah adalah masalah yang menimpa adaptasi anime dari otome mobage berjudul A3! Act! Addict! Actors!, yang pada musim ini sedang menayangkan season terbarunya yang diberi judul Spring & Summer.

Sama dengan Koisuru Asteroid, anime itu juga sedang ditayangkan via Youtube di Asia Tenggara oleh Muse Asia, tapi baru-baru ini mereka memberi pengumuman kalau adanya hambatan pada penayangannya setelah episode 3.

Dijelaskan kalau hal tersebut disebabkan oleh pengaturan jadwal produksi dan manajemen, dan juga dikarenakan masalah virus korona. Dan karena itu, penayangan episode 4 sampai 12 terpaksa diundur sampai setelah bulan April, membuat anime itu sampai berubah musim pada tengah penayangannya.