Proses pembuatan manga
Proses pembuatan manga

Siapa yang tidak mengenal “Manga” yak, komik asal Jepang ini sudah menjadi salah satu budaya Jepang, di Jepang Manga di baca oleh berbagai kalangan masyarakat dari anak-anak hingga orang dewasa banyak sekali dari mereka yang menyukai Manga sebagai bacaan sehari-hari dan ada pula yang menjadikannya hobi.
Banyak judul Manga yang sangat populer dicetak disana dan diterjemahkan kedalam berbagai bahasa, dan di sebar luaskan ke seluruh penjuru dunia.
Banyak yang mempertanyakan siapa yang bekerja dibalik pembuatan Manga?, tentunya tidak lepas dari seorang Mangaka atau sering kita sebut Komikus, mereka bekerja dari pagi hingga malam untuk menyelesaikan beberapa halaman atau sejumlah chapter, mereka kadang lupa mandi, makan makanan instan atau membereskan ruangan demi menyelesaikan Manganya.

shueisha17
Beberapa halaman Manga yang selesai dikerjakan
Salah satu studio Mangaka
Salah satu studio Mangaka

 

Mangaka yang sedang bekerja
Mangaka yang sedang bekerja

Tapi, berapa sih penghasilan seorang Mangaka? hal tersebut pasti banyak dipertanyakan para pencinta bacaan yang satu ini. Berikut beberapa informasi yang saya dapatkan mengenai penghasilan seorang Mangaka pada umumnya.

Secara garis besar pendapatan seorang Mangaka dapat dibedakan menjadi tiga:

1. Genkouryou
Genkouryou merupakan pendapatan pokok dari seorang mangaka yang mereka terima dari perusahaan yang menerbitkan karya mereka. Dan biasanya, bayaran ini dihitung per halaman. Dan biasanya lagi, si perusahaan penebit komik tersebut akan memberi batas berapa halaman komik yang boleh mereka terbitkan, bergantung dari reputasi dan tingkat kepopuleran manga tersebut.
Standarnya, bayaran tiap satu halaman adalah tujuh ribu yen atau kira-kira setara dengan tujuh ratus ribu rupiah. Namun jika reputasinya terus meningkat, bayaran bisa meningkat hingga mencapai dua puluh ribu yen atau sekitar dua juta rupiah setiap halamannya.  Coba bayangkan saja jika chapter Manga tersebut dikeluarkan setiap minggu sebanyak 20 halaman, wow!

2. Inzei
Karena seorang mangaka tidak dapat mengandalkan pengasilan dari Genkouryou, seorang Mangaka juga mendapat “Inzei” atau royalti dari chapter-chapter yang berhasil dibukukan, normalnya mereka akan mendapatkan 10% dari hasil penjualan buku komik yang mereka buat, perlu diketahui juga rata-rata harga satu buku komik dijepang berkisar Rp.40.000, coba hitung jika buku komik mereka terjual ratusan hingga jutaan?

3. Royalti Game, Anime, dan Merchandise
Jika Manga mereka sangat populer dan dijadikan Anime, mereka juga akan mendapat royaltinya, apalagi sampai dibuat Game dan berbagai Merchandise, wow bayangkan saja berapa penghasilan mereka.

Dan saya juga mendapat data penghasilan dari berbagai Manga terpopuler pertahun, berikut datanya:

“Dragon Ball” Akira Toriyama  17,9 juta dolar

“Yu-Gi-Oh!” Kazuki Takahashi  6,2 juta dolar

“Doraemon” Fujiko F. Fujio  5,5 juta dolar

“Fullmetal Alchemist” Hiromu Arakawa  5,4 juta

“Naruto” Masashi Kishimoto  4,5 juta dolar

“The Prince of Tennis” Takeshi Konomi  4,2 juta dolar

“One Piece” Eiichiro Oda  4 juta dolar

Hayo, apakah hal diatas membuat kamu tertarik untuk menjadi seorang Mangaka?