Pekerjaan bidang entertainment seperti penyanyi atau bintang film bisa memberikan pendapatan yang semakin besar seiring dengan ketenaran mereka. Kita sudah melihatnya pada penyanyi PPAP Pikotaro, yang pendapatannya jadi sangat besar berkat terkenalnya meme PPAP. Dan jaman sekarang ini, Cosplayer juga bisa memiliki pendapatan gaji yang banyak, dengan contoh yang terkenal adalah Pro Cosplayer Enako.

Cosplayer Enako

Bagi fans Cosplayer, nama cosplayer Enako mungkin menjadi salah satu yang sering dibicarakan. Dengan wajahnya yang kawaii dan detail cosplay yang dipakainya, ia pasti akan didatangi oleh banyak fotografer jika muncul dalam event macam Comiket.

Ini membuatnya disibuki banyak aktivitas. Ia sudah pernah mengisi suara dalam game, tapi pada pertengahan tahun 2017 lalu ia juga memulai debutnya sebagai pengisi suara anime dengan menyuarai salah satu karakter Henkei Shoujo.

Dan diawal 2018 kemarin, ia menjual produk berupa Dakimakura yang bergambarkan dirinya, dan juga tampil jadi guest dalam event pembukaan SAO Tokyo VR. Belum lagi ia juga aktif dalam app Live.me dan telah mengadakan dua video chat session dengan fans.

Semua itu pasti akan membawa banyak uang. Contohnya untuk video chat session melalui Live.me itu, yang sistemnya adalah dengan penonton memberikan donasi, dan dikatakan kalau donasi yang dicapai Enako bisa mencapai 200.000 Yen.

Tapi angka tersebut masih bisa lebih mengejutkan lagi, melalui info dan penjelasan yang Enako berikan mengenai pekerjaannya saat menjadi guest dalam acara Downtown DX. Enako mengatakan kalau ia juga dipekerjakan sebagai spokesmodel oleh booth yang menjual berbagai merchandize anime dalam event.

Booth tersebut bisa ramai didatangi oleh pelanggan, yang angkanya mencapai 1000, dan sesi foto public dirinya bisa menarik sampai 500 fotografer. Dan ia kemudian mengatakan kalau untuk pendapatannya berkat berbagai aktivitas cosplay yang dilakukannya selama bulan Desember 2017 kemarin, membuatnya mendapat upah sampai lebih dari 10 juta Yen!!

Sasuga profesional.. Tapi namanya cosplay, entah apa Enako akan terus melakukannya sebagai pekerjaan untuk kedepannya. Tapi kalaupun diluar kostum, wajahnya yang cantik membuatnya cocok juga menjadi model biasa jika tidak melakukan cosplay, jadi bisa saja ia jadi model biasa, atau bisa saja memutuskan jadi Seiyuu.