Fans Tokusatsu Kamen Rider mungkin sedang asyik menikmati seri Kamen Rider yang sedang tayang saat ini, Kamen Rider pertama era Reiwa, Zero One. Tapi mari kita fans Kamen Rider di Indonesia sedikit ber”nostalgia” ke era lama 😉 Karena baru-baru ini diumumkan kalau beberapa minggu lagi akan ada film Kamen Rider dari era Heisei yang akan dibawakan dan diputar di bioskop Indonesia, yaitu film Zi-O Over Quartzer!

Kamen Rider Zi-O adalah seri Kamen Rider yang tayang dari September 2018 lalu sampai Agustus tahun ini. Dengan penurunan tahta dari Kaisar Akihito yang menjadi penutupan era Heisei beberapa bulan lalu, menjadikan Zi-O sebagai seri Kamen Rider era Heisei terakhir, dan juga Rider Heisei ke-20.

Sesuai dengan tradisi Kamen Rider, seri tersebut juga memiliki movie, dan ada beberapa. Yang pertama adalah movie Heisei Generation Forever yang berperan sebagai tradisi film crossover antara Rider baru (Zi-O) dan Rider sebelumnya (Build) tapi juga diramaikan Rider Heisei lainnya.

Film tersebut juga sempat ditayangkan di Indonesia beberapa bulan lalu, yang dibawakan oleh Purple Plan dan Feat Pictures. Dan mereka terlihat semakin memanjakan fans Tokusatsu Tanah Air ini, karena Feat Pictures baru mengumumkan kalau mereka juga akan membawakan film Zi-O berikutnya, Over Quartzer.

Over Quartzer itu sendiri adalah movie Kamen Rider dimana kisah Zi-O menjadi peran utama, tapi juga sekaligus menjadi film tribute untuk Kamen Rider Drive, dan juga menjadi debut kemunculan sang Kamen Rider penerus Zi-O yang sedang tayang saat ini, Zero One.

Kisahnya adalah Tokiwa Sougo sang Kamen Rider Zi-O menjelajah waktu ke era Sengoku. Keadaan makin ramai saat Gou sang Kamen Rider Mach dan Krim Steinbelt datang untuk mencegah penjelajah waktu bernama Quartzer menghapus Drive dari sejarah. Kisah Zi-O juga memanas dengan Woz menunjukkan ia anggota Quartzer dan kebenaran akan Oma Zi-O diberikan.

Movie tersebut telah ditayangkan di Jepang pada tanggal 26 Juli 2019. Lalu bagaimanakah dengan penayangan di Indonesia? Nah kabar gembira karena kita tak perlu menunggu lama, dengan movie Zi-O Over Quartzer akan tayang di bioskop Indonesia tanggal 30 Oktober ini!