Belajar Sejarah Jepang Dari Manga Karya Hirofumi Sawada

Shanaou Yoshitsune
Shanaou Yoshitsune

Ciiiiiiiiiiiaaaaaaaaaaaaaaaatttttttttttt~~ Serbuuuu~~ Walaupun jumlah kita hanya 1000 prajurit dan lawan kita 100.000 prajurit, kita tidak akan KALAH!! Majulah demi keturunan Klan Genji!! Hancurkan Taira no Kiyomori.  Nah diantara Akiba-chan dan Akiba-kei ada yang suka cerita karya tentang sejarah?? Di sekolah juga pernah diajarin pelajaran sejarah kan?? di dongengin apa aja nihh?? kadang kalo belajar sejarah, kita ngebayangin kejadian lewat imajinasi kita. Tapi belajar sejarah lewat  visual juga gak kalah seru Guys.. Kita juga bisa belajar sejarah Jepang dari manga Karya Hirofumi Sawada.. gak hanya itu Guys, kita juga bisa belajar pesan sikap Bushido samurai di manga ini. Kira-kira manga apa yaaa.. yup Shanaou Yoshitsune. 

Shanaou Yoshitsune
Shanaou Yoshitsune

Shanaou Yoshitsune ini manga yang menceritakan perjalan seorang tokoh Hyouta menyamar sebagai Ushiwakamaru keturunan Klan Genji yaitu Minamoto No Yoshitsune.. Tokoh terkenal legendaris yang sangat menganggumkan dalam perang melawan Heike. Hyouta yang merupakan ketua dari pengamen cilik  Nokishita Ichiza melakukan suatu atraksi yang menganggumkan di salah satu jalanan ibukota tidak sengaja bertemu dengan seorang nyonya bangsawan yang tidak lain adalah Nyonya Gozen, ibunda dari Ushiwakamaru. Nyonya Gozen yang memang sudah mengetahui akan takdir ini dengan segera menyewa pengamen tersebut agar dapat membantu masalah Ushiwakamaru.

Pertemuan awal Ushiwaka dan Hyouta
Pertemuan awal Ushiwaka dan Hyouta

 

waahh waktunya milih istri
waahh waktunya milih istri

Ketika grup pengamen Nokishita Ichiza datang atas undangan Nyonya Gozen, Hyouta dan kawan-kawan sangat senang karena dapat merasakan kemewahan bangsawan, bahkan Hyouta dianggap putra sendiri oleh Nyonya Gozen. Malam pun tiba, Hyouta mendengarkan suara indah suling dari tempat ia berada. Lalu, ia pun mencari sumber alunan musik indah tersebut.. dan saat itu juga Hyouta dan Ushiwaka bertemu untuk pertama kalinya.

Yoshitsune vs Yoshinaka
Yoshitsune vs Yoshinaka

Taira No Kiyomori atau yangg disebut Tuan Dainagon adalah pemimpin tertinggi Klan Heike musuh bebuyutan dari Klan Genji. Klan Genji yang dikalahkan oleh Taira no Kiyomori atas wafatnya Minamoto no Yoshitomo memberi hukuman kepada seluruh anaknya agar dibunuh atau diasingkan ke kuil agar tidak mengancam klannya di masa depan. Namun akibat hasutan sang Ibu Kiyomori agar memiliki belas kasih terhadap putra-putra Yoshitomo yang masih kecil Ushiwaka diberi keistimewaan untuk tetap hidup akan tetapi terisolir dalam rumahnya sendiri.

Seriusss amatt
Seriusss amatt

Karena hukuman tersebut, Ushiwaka tidak pernah melihat dunia luar hingga pertemuannya dengan Hyouta. Hyouta sebagai balas budi terhadap kasih sayang dan kebaikan Nyonya Gozen membantu Ushiwaka untuk merasakan bagaimana dunia luar. Pertukaran pun dimulai..

Shanaou Yoshitsune versi Jepang
Shanaou Yoshitsune versi Jepang

Taira no Kiyomori merasa pandangan Ushiwaka (Hyouta) berbeda dari sebelumnya, ia dengan segera mengirim Ushiwaka (Hyouta) ke kuil Kurama. Nyonya Gozen yang kebingungan karena kesehatan Ushiwaka menangis tersedu-sedu. Hyouta yang merasa kasihan menyatakan dan memberanikan diri untuk terus menggantikan Ushiwaka ke Kuil Kurama sebagai klan Genji.

Tes masuk ke Kuil Kurama
Tes masuk ke Kuil Kurama

Perjalanan Hyouta sebagai Ushiwaka mengharuskan ia berpura-pura sebagai bangsawan namun tidak mengubah sifat asli Hyouta yang berbakat dan tangkas. Dalam perjalanan hidupnya Hyouta bertemu dengan orang-orang yang akan menjadi pelayan setia dan membalaskan dendam Ayah Ushiwaka yaitu Minamoto no Yoshitomo dalam peperangan Klan Genji dan Klan Heike berikutnya.. Cerita mengenai Minamoto ini tidak berhenti di seri Shanou Yoshitsune saja namun dilanjutkan dalam Shanaou Yoshitsune Genpei War. Nahh,, Kisah Shanaou Yoshitsune ini sangat seru bahkan mendebarkan.. kita bisa belajar sejarah Jepang dari manga karya Hirofumi Sawada ini. ^_^b