Konnichiwa minna-san
Make up merupakan hal yang sangat penting dan tak terpisahkan dalam ber-cosplay. Semaikin baik kemampuan makeup cosplay seorang cosplayer , maka akan semakin baik dan realis juga hasil cosplay yang dibawakan. Kamu udah baca artikel lalu di sini,  nah AkibaNation datang lagi di acara Cosplay Make-up tutorial. Diadakan pada sabtu 16 April 18, 2016 lalu, konsep acara ini berbeda dari sebelumnya karena event yang bertempat di Japan Foundation ini adalah sebuah workshop sekaligus coaching class.

Pembukaan1
Pembukaan

Acara dimulai pada pukul 12 siang yang dibawakan oleh MM Earlene sebagai MC sekaligus coach. Sebelum acara dimulai, Doa yang diberikan kepada jepang yang tengah mengalami musibah gemp, lalu dilanjut pembukaan yang disambut oleh direktur jenderal Japan Foundation. Setelah itu MM Earlene berbagi pengetahuan dasar mengenai Make Up cosplay. Earlene berkata bahwa dalam Make Up Cosplay, yang terpenting bukan dari apa yang bagus untuk wajah kita, tetapi melihat character yang ingin kita mainkan. Selain itu, hal dasar dalam bermake up adalah dengan memahami skema warna, mempelajarinya, dan mengerti kondisi kulit sehingga dapat menghasilkan perpaduan warna make up yang cocok.

MM Earlene
MM Earlene

Nilai plus dari cosplay adalah kebebasan sang cosplayer dalam berekplorasi sekreatif mungkin untuk membawa karakter hidup dan menjadi nyata. Selain itu, bercosplay di Indonesia itu berbeda dengan Negara lainnya, karena memiliki suhu udara yang panas dan lembab, tidak semua jenis make up tutorial yang diberikan cosplayer luar negeri akan cocok dengan kondisi Negara tercinta ini.

Setelah pengarahan dari MM Earlen, lalu selanjutnya acara dilanjutkan oleh demo make up oleh Cosplayer yang sudah berkutat di dunia cosplay sejak tahun 2003, Arsen. Dalam demo-nya Arsen memberikan tips and trick dalam membuat Male Cosplay seperti pentingnya Moisturizer 20 menit sebelum penggunaan make up dan pengaplikasiannya dari tengah keluar. Serta dalam pemakaian foundation, jika menggunakan jari, maka harus di tepuk-tepuk sampai merata dan jika menggunkan kuas, maka harus diputar-putar.

Demo Makeup Cosplay
Demo Makeup Cosplay

Setelah pembekalan awal, workshoppun dimulai dengan pembagian kelas. Kelas terbagi menjadi tiga, dua kelas Kawai Make Up dengan MM Earlene, Sheffyne Yuka, Ryuuta sebagai coach dan satu kelas Male Make up dengan Arsen dan Ichi sebagai coach. Dalam acara ini terdapat guest yang diimpor langsung dari Singapura loh, dia adalah Alan atau cosplayer yang dikenal sebagai Naoki. Alan ikut menjadi coach dalam kelas Kawai Make Up.

All Coach Makeup Cosplay
All Coach Makeup Cosplay

Inti utama acara ini terdapat pada coaching class dimana para peserta yang hadir menggunakan make up yang dibawa sendiri dan didampingi oleh para coach yang sudah berpengalaman. Disela-sela itu, para coach juga memberikan tips and trick yang pastinya lebih mendalam serta menuntun peserta dalam memakai make up cosplay.

Kawai Makeup
Kawai Makeup

Coaching class ini berlangsung selama dua jam dan pada akhir acara terdapat pemberian doorprize berupa Art book yang diberikan oleh Japan Foundation dan Make up oleh MM Earlene dan Arsen. Acara Cosplay Makeup Coaching Class ini sangat berguna sekali untuk cosplayer pemula dalam menggunakan makeup yang tidak hanya mendengarkan pemberian materi saja, namun juga mempraktekannya secara langsung.

Photo by Cosplay Jakarta
Photo by Cosplay Jakarta