Dunia cosplay sudah pasti tidak terlepas dari namanya teknik make-up yang mendukung karakter yang diperankan. Supaya lebih in character sudah banyak yang bereksperimen dengan make-up dan sharing di dunia maya. Dengan adanya internet yang sudah canggih ini, dengan mudah kita dapat belajar melalui tutorial step by step dari para beauty blogger maupun cosplayer lain.

11855738_747919478670525_1081987481186410790_n
Kenca cosplay by Kimahri Sunkiss

Tapi meski teknik makeup kita sudah bervariasi, kita tetap tidak boleh lupa dengan yang namanya ‘base make-up’. Yang dimaksud dengan ‘base make-up’ adalah bagaimana memberikan ‘alas’ yang sempurna untuk menerapkan teknik-teknik makeup yang sudah kita pelajari. Nah, di workshop yang diselenggarakan oleh Scala Grandiose ini, Amanda Sabrina atau yang lebih dikenal dengan Tachibana Mindy yang sedang belajar di La Salle College, akan berbagi pengalamannya sebagai makeup artist.

Workshop dibagi menjadi beberapa sesi. Dibuka dengan sesi perkenalan mengenai pentingnya moisturizer dalam melembabkan kulit sebelum memakai primer untuk menjadi dasar. Sesudah pemakaian primer yang sesuai dengan jenis kulit, Mindy menjelaskan bahwa colour correction itu sangat penting disesuaikan dengan jenis undertone yang kalian miliki. Salah satu peserta workshop pun dipersilakan untuk menjadi model pengaplikasian colour correcting pada wajah. Di sesi ini juga dijelaskan bagaimana pemakaian primer dan produk khusus yang mempertahankan make-up lebih lama.

DSC06139

DSC06154
Mindy memperagakan colour correcting dengan salah satu peserta sebagai model.

Sesi selanjutnya yaitu sesi foundation dan disusul dengan shading and contouring. Sesi ini mengupas tentang pentingnya foundation yang warnanya sesuai dengan warna leher. Dengan gaya bahasa yang ringan dan dibumbui jokes, Mindy menerangkan bahwa warm atau cold undertone sangat berpengaruh dengan warna foundation yang akan kita pilih. Hal ini dikarenakan tujuan foundation adalah untuk meratakan warna dan menghindari terjadinya kesalahan warna kulit wajah. Kalau sampai salah dan menghasilkan warna wajah abu-abu atau malah warna hijau pucat, pastinya tidak enak dilihat dan ngga banget.

Di sesi ini pun pengaplikasian tentang foundation, dan shading and contouring bagi pria maupun wanita langsung dipraktekkan dengan seorang peserta yang menjadi model dengan finishing pemakaian make-up mata. Mindy memperkenalkan bagaimana pemakaian foundation set dan pressed powder yang memiliki tampilan cantik dari CANMAKE.

Bagi yang belum mengenal merk ini, CANMAKE merupakan produk make-up profesional dengan pengalaman lebih dari 30 tahun di negeri Sakura dan sekarang sudah hadir sekitar satu tahun di Indonesia. CANMAKE cocok untuk semua jenis dan warna kulit, variannya pun banyak, jadi ngga akan ragu lagi deh untuk cosplay make-up.

Antusiasme peserta sangat terlihat di kala suasana workshop yang friendly memperbolehkan para peserta untuk melontarkan pertanyaan. Dengan ramah, Mindy menjawab semua pertanyaan secara jelas sembari berinteraksi dengan peserta yang hadir.

DSC06144
Mindy menjelaskan pemakaian powder untu warm dan cold undertone.

Melalui trial and error yang pernah dilakukan, tak lupa ia memberikan make-up hacks bagi yang ingin bereksperimen dengan make-up kit yang sudah kita miliki. Make-up hacks ini nantinya sangat berguna untuk menunjang penampilan karakter yang kita perankan apalagi dengan budget yang tipis. Di sini Mindy pun memberikan peringatan untuk berhati-hati dalam aplikasi make-up, baik dengan brush, sponge, maupun tangan, usahakan untuk meminimalisir pergerakan tangan agar tidak blotchy dan terlihat seperti topeng.

Guest cosplayer kita, Kimahri Sunkiss pun berbagi suka dan dukanya dalam memakai make-up untuk cosplay. Kima, sapaan akrabnya, mengatakan bahwa meski sudah lama di dunia cosplay, ia masih perlu belajar makeup. Kima juga memberikan motivasi kepada para peserta untuk mau berekspresi dengan makeup.

Setiap peserta mendapatkan goodie bag dari sponsor yaitu CANMAKE berupa pulpen cantik, Cream Cheek voucher dan Colourful Nail paint yang glittery dan cute banget. Tanpa disangka peserta mendapatkan surprise berupa door prize yang diberikan oleh Tachibana Mindy sendiri berupa beberapa product dari CANMAKE untuk peserta yang berhasil menjawab pertanyaan. Ngga akan menyesal deh datang workshop kali ini, banyak ilmu dan hadiah yang didapat dan oke banget untuk diterapkan.

12899970_524096104462347_1800849122_n
Salah satu gift berupa produk dari CANMAKE berdesain cantik

Tapi ternyata kabar gembira tidak hanya sampai di sini. Dikarenakan ini merupakan volume 1 dari Cosplay Make-up Workshop yang diselenggarakan oleh Scala Grandiose featuring Tachibana Mindy, sudah pasti akan hadir volume 2-nya. Wah, jadi ngga sabar ya? Mindy sudah memberikan teaser bahwa volume 2 nanti akan membahas tentang make-up effects. Kira-kira yang seperti apa ya? Supaya tidak ketinggalan, stay tune di Akibanation ya.