Belajar bahasa jepang memanglah menantang. Alasannya sih berbagai macam. Mulai dari pengen kerja di sana, dapet suami/istri yang cakep, sampai alasan sepele. Kayak mimin misalnya, karena pengen bisa nonton anime nggak pake subtitle. Hehehe 😀 Di artikel terdahulu mimin pernah berbagi tentang huruf kanji yanag diakui paling ribet bagi para pembelajar. Mungkin saat itu banyak juga diantara akiba-chan dan akiba-kei yang males liat huruf keriting karena baru mulai belajar bahasa jepang.

Baca Juga: 10 Fakta Bahasa Jepang yang Perlu kamu Ketahui!

Okelah. Jangan khawatir. Dalam artikel ini mimin bakal membahas tentang bagaimana belajar bahasa jepang lebih asyik dengan menggunakan HIRAGANA DANSHI (ひらがな男子). Pertama, kita bahas dulu apa itu hiragana? Huruf hiragana merupakan salah satu jenis huruf yang sangat sering digunakan oleh orang jepang, selain kanji.

yak dipilih husabndonya!

Pada dasarnya ada 46 macam huruf hiragana. Mulai dari A-I-U-E-O (あ-い-う-え-お) sampai yang rada ribet. Bagi pemula sih ngapalin huruf beginian juga lumayan greget. Mungkin karena beda sama alfabet kita dalam bahasa indonesia kali ya. Maka menghafalnya secara formal seperti pada saat kuliah atau sekolah jadi rutinitas yang cukup membosankan.

Menanggapi kesulitan yang dihadapi pembelajar asing tersebut baru-baru ini muncullah sebuah metode baru mempelajari hiragana. Yaitu dengan game bernama Hiragana Danshi. Game ini dirilis oleh developer Tabot. Dalam game ini kalian akan disuguhkan cerita dimana para huruf mulai mengilang dari dunia. Hanya beberapa orang terpilih saja yang dapat menemukan mereka, lalu… booom! Ternyata para huruf ini berubah menjadi para lelaki tampan. Dengan mereka, kalian bisa belajar hiragaga lebih mudah.

Selain karena mukanya yang mencolok dan mudah diingat, para lelaki hiragana ini juga dilengkapi dengan kemampuan yang berbeda-beda. Dimana kemampuan ini bisa menjadi latihan kalian untuk mengingat contoh kosakata. Seperti misalnya yang mimin tunjukin dibawah ini:

U : Uranai (peramal)
No : Nomin (petani)
Chi : Chisiki (kecerdasan)

Menurut Tabot, 46 macam huruf hiragana nantinya akan muncul dalam game tersebut. Baik sebagai playable character, main story maupun side story. Jadi rasanya cocok banget deh buat akiba-chan dan akiba-kei yang mau belajar bahasa jepang. Ini sih seperti peribahasa “isseki nicho” yang artinya sekali tembak dapet dua. Dapet ilmunya plus dapet husbando hehehe. Sayangnya sih belum secara resmi dirilis dalam Google Play. Jadi untuk sementara kalian bisa melihat spoilernya di official website mereka.

Pengen lebih dalem dan mahir lagi bahasa jepangnya? kalau gitu kalian boleh coba ikutan AKIBA CLASSROOM. 😀 Yuk, mimin tunggu ya!

Comments