Content provided by Keepo. Ada yang sudah tau beda Http dan Https ? Oke, kita bahas pelan-pelan ya… Website sekarang ini jadi salah satu platform yang digunakan banyak orang mulai dari untuk sekedar menulis tulisan, berita, hingga media sosial dan transaksi uang pun juga sudah bisa menggunakan website. Tentu aja, kalo kalian perhatikan, pada setiap website yang kalian buka, akan muncul http:// atau https:// yang berada di address bar web broswer kalian. Sebenarnya apa sih itu http dan https?

Hypertext Transfer Protocol (HTTP) sebenarnya adalah sebuah protokol yang tugasnya mengatur antara user dengan server, jadi kalian bisa berkomunikasi secara langsung dengan menggunakan web browser ke server langsung, misalnya kalian membuka aaa.com, dan dalam hal ini user akan melakukan request kepada server dan server akan kembali mengirimkan balasan berupa file http sehingga kalian bisa melihat tampilan website aaa.com.

Baca Juga: Makoto Shinkai Puji Anime SayoAsa dan Sutradaranya!!

Nah kalau Https sendiri adalah Hypertext Transfer Protocol Secure yang dikembangkan langsung oleh Netscape Communications Corp. Lalu, apa sih beda dari http dan https ini? Yuk kita bahas satu per satu!

More article from Keepo.

1 – Jaminan data yang dikirimkan

Jaminan data yang dikirimkan

Beda Http dan Https yang pertama adalah kalo kalian mengakses website HTTP biasa, contohnya http://aaa.com, maka tidak ada yang menjamin keamanan data yang dikirimkan oleh client ke server dan sebaliknya. Sedangkan HTTPS menjamin keamanan data yang dikirimkan.

Setidaknya ada 3 hal penting yang ditangani oleh HTTPS, yang pertama adalah autentikasi server yang membuat client yakin sepenuhnya ketika mau mengakses web yang dituju, kerahasiaan data yang ketika mengirimkan data akan melakukan proses enkripsi sehingga tidak ada pihak lain yang mengetahuinya, dan juga integritas data  yang tidak dapat diubah oleh pihak lain, sehingga data yang kalian terima adalah data real yang tidak bisa diubah oleh pihak lain.

2 – Menggunakan Port yang berbeda

Menggunakan Port yang berbeda

Nah beda Http dan Https yang kedua adalah untuk melakukan komunikasi antara user dan server, kedua nya menggunakan metode yang berbeda, dimana HTTP menggunakan port 80 sedangkan HTTPS menggunakan port 443.

3 – Kebutuhan SSL

Kebutuhan SSL

Kalian pernah menggunakan fasilitas i-banking? Nah, itu jadi salah satu mengaplikasian HTTPS secara nyata didunia nyata. SSL sendiri adalah sebuah sertifikat yang teknologinya digunakan untuk mengirimkan data ter-enkripsi antara client (user) dan server, sehingga kalian bisa mengirimkan data penting dan privasi misalnya nomor kartu kredit dan juga password dengan aman.

Sekarang, udah tau kan beda HTTP dan HTTPS ini? Kalian punya penjelasan lain yang belum dibahas diatas? Share di kolom komentar dibawah ini ya!