Beberapa Onsen Unik yang patut kamu ketahui

jigokudani onsen

-Akiba Nation- Akiba-chan dan Akiba-kei kalau liburannn rencana mau kemana nihhh?? mau berwisata ke Jepang?? ke Disney Land?? Benteng Osaka?? atau ke Akihabara?? pastinya banyak sekali ya tempat wisata menarik di Jepang. Tapi ga ada salahnya kalau Akiba-chan dan Akiba-kei mencoba pergi ke Onsen untuk merasakan keindahan alam sambil berendam.. Waaahhhh~~ enaknyaaaa…

Naahh buat yang belum familiar dengan onsen, sebenarnya apa sih Onsen itu??? Salah satu obyek wisata terkenal Negeri Sakura adalah Onsen (温泉). Onsen terdiri dari huruf kanji 温 (on) dan 泉 (sen) yang artinya mata air panas/sumber air panas dan juga bisa diartikan tempat berendam air panas yang keluar airnya secara alami keluar dari tenggorokan perut bumi. (>,<) Onsen memiliki khasiat dapat menyehatkan tubuh dan pengobatan lho.. karena air yang terdapat di onsen itu mengandung mineral.

onsen = sumber mata air panas
onsen = sumber mata air panas

Sekarang onsen tidak hanya populer di kalangan orang Jepang, tapi juga diminati oleh Gaikokujin(orang asing). Di Jepang ada sekitar ribuan atau mungkin puluhan ribu onsen, bahkan di Prefektur Shizuoka sendiri telah tercatat sekitar 2.300 onsen yang dikelola swasta maupun negara..

Usut punya usut, orang Jepang percaya onsen merupakan salah satu media untuk dapat mengakrabkan diri bersama keluarga, pasangan maupun teman.

bersama-sama menikmati surga dunia~
bersama-sama menikmati surga dunia~

 

Sebenarnya, zaman sebelum resotorasi Meiji mandi di onsen, identik dengan mandi campur. Maksudnya, masuk bersama-sama di onsen dengan lawan jenis seperti kolam renang umum. Akan tetapi ketika reformasi Meiji, mandi di onsen hanya dengan sesama jenis menjadi kebiasaan baru. Jangan lupa perhatikan onsen yang Akiba-chan dan Akiba-kei tuju itu juga onsen sesama jenis atau campuran, karena di beberapa di daerah pedalaman Jepang juga masih ada yang hanya menyediakan onsen campuran.. tinggal pilih deh pengen masuk yang khusus atau yang campuran.. ^^b

onsen campuran
onsen campuran

 

Tapi sebelum memasuki onsen, ada 3 aturan umum yang harus dipatuhi. Pertama, sebelum masuk ke dalam onsen, kita harus mandi dulu yang bersih Guys.. Kedua, jaga kebersihan, karena yang memakai tidak hanya kita saja tapi juga orang lain. Ketiga, hampir semua onsen di Jepang mengharuskan untuk tidak berpakaian sama sekali alias “Nude”.. (O_O) kyaaaa~ kalo Akiba-chan dan Akiba-kei merasa agak risih atau ga biasa nihh kalian harus giat mencari onsen yang memperbolehkan untuk masuk ke dalamnya minimal menggunakan handuk atau baju renang dehh~ tapi kalo ga risih ya gapapa~ hehe

onsen
onsen

Karena banyak sekali onsen yang mungkin jadi pilihan wisata, ada yang onsen biasa dan juga ada onsen luar biasa unik.

Foto Onsen sendiri

1. Shin Iya Onsen Hoteru Kazurabashi – Tokushima

Shin-iya Onsen
Shin-iya Onsen

Shin-iya, onsen tersembunyi yang terletak di bukit desa Nishiiyayama, kota Miyoshi, Tokushima. Konon katanya desa Nishiiyayama ini dibangun oleh Klan Heike sejak zaman dahulu kala. Onsen ini termasuk salah satu onsen terbuka yang unik karena pemandangannya yang luar biasa indah dan dapat melihat jembatan Kazura yang terkenal dibangun oleh Klan Heike. Untuk mencapai ke bukit tersebut kita harus naik kereta gantung lho…

kazurabashi
kazurabashi

 

2. Yamaga Onsen  – Kumamoto

kohifuro
kohifuro

Onsen yang terletak di Prefektur Kumamoto ini memiliki onsen khusus yang air panasnya dicampur dengan kopi. Efek relaksasi dari aroma kopi dan warna air panas kopinya dinilai sangat menakjubkan bagi pecinta kopi. Sumber air panas ini sangat direkomendasikan bagi Akiba-chan dan Akiba-kei pecinta kopi ya.. ^^

 

3. Toyako Onsen – Hokkaido

toya onsen 2
toya onsen 2

Di Hokkaido  sebuah onsen tersembunyi di dalam gua dekat Hotel Wisata Toya. Onsen ini dapat memberikan kenyamanan panoram indah serta menikmati suasana gua yang misterius. Berani coba??? ^^

toya onsen
toya onsen

 

4. Aoni Onsen – Aomori

aoni onsen
aoni onsen

Onsen terkenal sebagai yang memiliki penerangan minim sekali di Prefektur Aomori ini menarik untuk dikunjungi karena hampir tidak dialiri listrik tapi menggunakan lampu gantung minyak. Tapi ternyata tempat ini cocok untuk mereka yang lelah dari cahaya berkilauan kota.  Suasana onsen ini sangat tenang, jauh dari keramaian hiruk pikuk kota, serta cahaya lampunya sangat hangat dapat membuat orang bisa bersantai. Kalau Akiba-chan atau Akiba-kei butuh ketenangan, bisa dicoba nih Onsen ini. ^^

 


 

Bila kita anda ingin mengunjungi sebuah onsen ada beberapa peraturan dan tips yang harus di perhatikan:

1. Sebaiknya bawalah handuk dan sabun/shampomu sendiri.

2. Taruhlah baju dan barang-barang bawaan anda di dalam loker yang di sediakan,tapi bawa handuk serta sabun anda ke area pemandian.

3. Sebelum masuk ke dalam onsen, mandilah terlebih dahulu hingga kinclong~

4. Di beberapa onsen, pengujung tidak di perkenankan memakai busana. Handuk kecil dipergunakan untuk menutupi bagian tubuh yang perlu ditutupi. Dan sebaiknya handuk kecil ini tidak di rendam di dalam kolam karena dapat merusak kandungan mineralnya. Tapi juga ada yang memperbolehkan memakai busana renang. Jadi, lebih baik tanyakan dulu aja ya sama petugasnya diperbolehkan atau tidak.. ^^

5. Onsen juga tidak untuk berenang,jadi sebaiknya anda duduk bersantai dan tenang.

6. Penderita penyakit jantung dan darah tinggi serta ibu hamil tidak di anjurkan untuk berendam di dalam onsen terlalu lama.

7. Tidak diperkenankan mencuci pakaian, piring ataupun motor. hehe ^^

8. Bagi orang yang tidak terbiasa mandi bersama dengan orang lain,tentunya akan merasa risih bila berkunjung ke onsen. Tipsnya adalah bersikaplah normal dan sopan serta menaati peraturan yang berlaku.

 


 

Kalau yang tadi tidak cukup memuaskan, bagaimana kalau merasakan onsen yang ada RASAnya? maksudnya?? o_O

5. Sakefuro

sakefuro
sakefuro

Mandi berendam air panas rasa sake dalam suasana tradisional dan alami. Nyemplung di dalam minuman keras ala jepang ini dipercaya untuk melancarkan sirkulasi darah serta membuat kulit kita awet muda. Hmm.. >,<

 

6. Ryokuchafuro

ryokuchafuro
ryokuchafuro

Berendam air panas yang dicampur teh hijau. Dipercaya mempunyai efek mencegah kulit kasar.

 

7. Kareefuro

kareefuro
kareefuro

Berendam di air panas rasa Kari?? mungkin terdengar sangat aneh mandi dari rempah-rempah kari, katanya dipercaya meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh Guys..

8. Akawainfuro

akawainfuro
akawainfuro

Mandi air panas yang dicampur dengan wine merah/anggur merah. Air panaspun menjadi merah.. Efek dari mandi di onsen ini adalah dapat meningkatkan peremejaan kulit tubuh. Konon katanya onsen model seperti ini juga sudah dilakukan oleh Ratu Cleopatra. Di tempat ini juga disediakan replika botol wine ukuran 3,6 meter juga lho..

Eittss tunggu dulu, ada onsen unik terakhir nih.. yaituu ….

9. Jigokudani Onsen = Onsen lembah neraka. Di Nagano, ada onsen yang digunakan oleh monyet-monyet. Nama onsennya Jigokudani = Onsen lembah neraka. Katanya sih, yang bisa masuk ke dalam onsen tersebut cuma monyet yang kastanya tinggi.. Liaat dehh keenakan tuh monyetnya~~ Mau berendam bersama mereka?? ^^b

JIgokudani onsen
JIgokudani onsen

Memang orang Jepang sangat kreatif banget ya, sampai-sampai kepikiran membuat macam-macam onsen luar biasa unik. Silahkah mencoba ~  (^_^)