Content provided by Keepo. Ngomongin soal smartphone, tentu aja sekarang ini banyak banget model dan juga merk smartphone yang ada dipasaran, mulai dari harga yang paling murah hingga paling mahal. Buat harga yang murah, mungkin kita dengan gampang bisa mengeluarkan uang untuk membelinya, namun tentu saja nggak segampang itu kalo mau beli smartphone dengan harga yang mahal. Salah satu solusi buat kalian yang pengen tampil kece dengan smartphone mahal, ya beli smartphone bekasnya. Sayangnya, banyak stigma yang beredar kalo beli smartphone bekas itu jelek, dan nggak worth it.

Baca Juga:

Nah, untuk menghilangkan stigma itu, ada beberapa hal yang wajib kalian ketahui dan cek sebelum beli smartphone bekas. Cekidot!

More article from Keepo.

1 – Pilih Varian Baru dari Smartphone Tersebut

Pilih Varian Baru dari Smartphone Tersebut

Setiap tahun udah pasti pabrikan smartphone mengeluarkan seri baru yang diharapkan bisa memperbaiki kekurangan yang dimiliki seri sebelumnya. Jadi, semisal kalian ingin beli iPhone, lebih baik mencari iPhone 7 atau 8 ketimbang iPhone 6 yang udah lama dirilis sebelum kedua seri itu.

2 – Perhatikan Spesifikasi yang Dibawa Smartphone

Perhatikan Spesifikasi yang Dibawa Smartphone

Spesifikasi smartphone ini sekarang ini menjadi hal yang wajib untuk kalian pertimbangkan sebelum beli sebuah smartphone. Salah memilih dan mempertimbangkan, tentu aja bikin bete karena udah pasti lag setiap saat, so pastikan smartphone bekas yang ingin kalian beli nggak ketinggalan jaman ya!

3 – Usahakan Cari yang Bergaransi Resmi

Usahakan Cari yang Bergaransi Resmi

Poin yang satu ini memang bukan syarat mutlak yang harus kita dapetin pas lagi cari smartphone bekas, tapi kalau emang smartphone itu masih bergaransi, lebih baik jika mendapatkan garansi resmi daripada garansi abal – abal.

4 – Resiko Beli dengan Garansi Distributor

Resiko Beli dengan Garansi Distributor

Yang pengen smartphone bekas murah, salah satu hal yang bisa kalian coba selain mendapatkan garansi resmi adalah dengan garansi distributor. Emang, nggak ada yang bisa menjamin penggantian hardware ketika rusak bisa diklaim dengan cepat, namun harga yang ditawarkan biasanya jauh lebih murah dari garansi resmi.

5 – Pastikan Smartphone Bakal Dapat Upgrade OS

Pastikan Smartphone Bakal Dapat Upgrade OS

Yang ini juga nggak kalah pentingnya. Pastikan smartphone bekas yang kalian beli ini juga masih mendapatkan dukungan dari pabrikannya ya! Jangan sampe, udah beli smartphone ternyata dukungan software nya udah di stop. Rugi banget kan!

Nah, itu dia tadi beberapa hal yang wajib kalian ketahui dan pertimbangkan sebelum beli smartphone bekas? Atau ada pengalaman beli smartphone bekas lainnya? Share komentar kalian ya!