Content provided by Keepo. Hayo, siapa nih yang lagi ribut – ribut soal daftar SIM Card yang harus pake nomor NIK dan Kartu Keluarga kalian? Yap, emang sih Kementerian Komunikasi dan Informatika atau yang biasa kita kenal sebagai Kemkominfo ini, per 31 Oktober 2017 ini mewajibkan kita buat daftar kembali nomor yang kita pake dengan NIK dan juga nomor Kartu Keluarga.

Tapi, buat kalian yang udah pada ribut nih, sebenernya udah pada tau nggak sih cerita dan alesan kenapa keluarnya peraturan yang satu ini? Nah, ternyata ada beberapa fakta yang akhirnya melahirkan peraturan yang satu ini. Ini loh beberapa fakta daftar SIM Card yang harus pake KK dan KTP diantaranya:

More article from Keepo.

1 – 1 Nomor pakai 1 KTP dan 1 KK

1 Nomor pakai 1 KTP dan 1 KK

Yap, dari peraturan yang baru ini, setiap pengguna nomor prabayar wajib untuk me-registrasi nomornya dengan NIK dan Nomor Kartu Keluarganya, yang artinya setiap daftar SIM Card nantinya akan didaftarkan pada data kependudukan. Nah, nantinya proses ini akan berhasil jika sudah dilakukan validasi dan data sesuai dengan yang ada di database kependudukan, jadi kalian nggak bisa ngasal masukin data ya!

 

2 – Nggak Perlu Pake Nama Ibu loh ya!

Nggak Perlu Pake Nama Ibu loh ya!

Nah, yang satu ini bikin ribut di media sosial, yang sebagian besar nganggap kalo registrasi SIM Card perlu menggunakan dan menyantumkan nama Ibu. Eits, hati – hati loh gaes! Ternyata, pendaftaran SIM Card tidak memerlukan nama Ibu, dan jangan pernah memberikan nama Ibu secara sembarangan, karena ini adalah salah satu super password yang bisa kalian pake untuk melakukan pengajuan akun perbankan. So, stay safe!

 

3 – Dirancang untuk mengurangi hoax dan penipuan online

Dirancang untuk mengurangi hoax dan penipuan online

Hoax dan juga penipuan emang menjadi salah satu musuh bebuyutan kita, selain karena merugikan orang lain dari sisi materai, kadang juga merugikan kita dari sisi psikologis yang akhirnya membuat orang enggan lagi menggunakan internet sebagai media transaksi modern. Akhirnya, lagi – lagi ketinggalan zaman. Alhasil, dengan adanya 1 NIK dan 1 KK dalam SIM Card, diharapkan bisa menekan angka penipuan, hoax dan juga kejahatan di dunia maya.

 

4 – Nggak mau daftarin SIM Card? Siap – siap kena sanksi!

Nggak mau daftarin SIM Card? Siap - siap kena sanksi!

Berbeda dari tahun – tahun sebelumnya yang mengganggap pemerintah kendor dan dianggap remeh sama masyarakatnya, untuk peraturan yang satu ini pemerintah sangat serius dan bahkan sudah mengeluarkan sebuah statement dimana yang isinya adalah bakal memberikan sanksi bagi kalian yang nggak mau ngeluarin data NIK dan KK buat SIM Card kalian. Hayoloh!

 

5 – Masih bisa punya banyak nomor kok!

Masih bisa punya banyak nomor kok!

Meskipun harus daftar pake NIK dan nomor KK, tapi ternyata masih bisa kok kita punya lebih dari satu kartu, asalkan data yang kita kasih harus sesuai dengan apa yang kita punya, yang tertera pada KTP dan juga KK. Jadi, nggak usah khawatir buat kalian yang punya banyak nomor buat bisnis, dan mungkin telepon gebetan. Hehehe!

Itu dia tadi beberapa fakta dibalik sebuah peraturan pemerintah yang cukup menghebohkan ini. Mana yang menurutmu paling menarik?