Kabar duka datang dari industri game legendaris. ‘Bapak Pac-Man’, Masaya Nakamura meninggal dunia di usia ke-91 tahun. Beliau adalah pendiri NAMCO, perusahaan video game legendaris Jepang yang telah berdiri sejak tahun 1955. Perusahaan yang sebelumnya bernama Nakamura Manufacturing ini kemudian mengganti namanya menjadi Nakamura Amusement Machine Manufacturing Company (NAMMCo!) di era 80-an.

masaya nakamura meninggal dunia

Bapak yang lahir pada tanggal 24 Desember 1925 ini merupakan lulusan Yokohama Institute of Technology (saat ini bernama Yokohama National University) tahun 1948. Setelah pergantian nama perusahaan tadi, NAMMCo! menciptakan sebuah mesin yang menjadi cikal bakal ‘dingdong’ yaitu Namco F-1.

Perusahaan Nakamura pernah mengakuisisi game konsol buatan Atari dengan harga USD 500 ribu, 6 kali lipat lebih mahal dibanding SEGA. Sejak itulah, perusahaan milikinya memiliki lisensi atas Atari selama 10 tahun. Perusahaan tersebut juga merilis beberapa video game perdananya, yaitu ‘Gee Bee’ dan ‘Galaxian’.

Semakin kesini, perusahaannya menjadi viral setelah merilis ‘Pac-Man’ pada tahun 1981. Game tersebut laku keras di pasaran. Bahkan hingga hari ini tercatat sudah lebih dari 10 milyar kali dimainkan oleh orang-orang di seluruh dunia. Karakter ‘wajah bulat berwarna kuning’ ini sangat khas dan menjadi sebuah ikon pop-culture. Game tersebut otomatis menjadi sebuah legendari yang sangat berharga dan akan terus dikenang.

Hingga pada tahun 2005, Namco memutuskan untuk menggabungkan diri dengan Bandai dan mengganti nama perusahaan tersebut menjadi Banai Namco Entertainment. Tercatat, Nakamura masuk dalam jajaran orang terkaya di Jepang ke-68. Di tahun 2007, pemerintah Jepang menganugerahi penghargaan ‘Order of the Rising Sun, Gold Rays with Rosette’ kepada Nakamura sebagai bentuk apresiasi terhadap game yang selama ini dibuatnya.

Baca juga : Tidak Hanya Sakura, Bunga di Jepang Lainnya Juga Mempesona!

Masaya Nakamura meninggal dunia pada 22 Januari lalu. Kabar ini baru saja diumumkan Bandai Namco satu minggu setelahnya pada tanggal 30 Januari kemarin. Kabar duka ini jelas membuat para penggemar Pac-Man terpukul akan kepergian sang legendaris. Yang pasti, semua karyanya akan terus melekat di ingatan kita sebagai ‘Bapak Pac-Man’ yang luar biasa hebat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here