Tahun 2016 lalu kita telah melihat list 27 karya movie animasi yang masuk dalam konsiderasi nominasi Oscar Academy Award, penghargaan paling bergengsi dalam dunia film. Dan 4 diantaranya adalah movie anime. Dari 27 movie tersebut, tahun ini disaring lagi. Hingga pada akhirnya, hanya ada 5 movie animasi. Dan sungguh membanggakan bagi para otaku, karena telah diumumkan 5 movie akhir itu. Dan ada anime yang masuk nominasi Oscar Academy Award loh 😉

4 Anime yang masuk list konsiderasi adalah movie anime besar tahun lalu. Miss Hokusai dengan protagonis wanita yang tangguh. Kingsglaive yang bikin gamer dan fans Final Fantasy terpesona. Red Turtle buatan Ghibli yang unik karena menceritakan kisah tanpa dialog. Dan tentu saja, movie yang membuat para fans anime baper akan keindahan animasi dan ceritanya, Kimi no Na wa buatan Shinkai Makoto.

23 movie lainnya juga memang lawan yang tangguh. Ada Kubo and the Two Strings yang berupa stop motion yang detail. Dreamworks Animation dengan Kung Fu Panda 3 dan Ice Age: Collision Course. Dan tentu karya Disney juga banyak masuk. Sampai 3 malah; Finding Dori, Moana, dan Zootopia. Tapi walaupun kita suka semuanya, pada akhirnya hanya 5 yang terpilih. Dan mereka adalah; Kubo and the Two Strings, My Life as a Zucchini, Moana, Zootopia, dan movie anime Red Turtle.

Yup, pada akhirnya, hanya Red Turtle yang lolos dari 4 anime yang masuk konsiderasi nominasi Oscar. Nama Ghibli sepertinya tetap kuat dimata para penonton. Walaupun tahun lalu Kimi no Na wa terus naik tangga kesuksesan dan mendobrak berbagai karya Ghibli, di arena Academy Award ini Ghibli yang menang. Dan walaupun ini adalah karya Ghibli tanpa campur tangan Miyazaki.

Tapi biarpun tak ada Miyazaki, ada juga staff veteran Ghibli yang terlibat, seperti Takahata Isao. Selain itu mereka juga bekerja sama dengan rekan yang ahli. Perusahaan Wild Bunch, dan juga sang sutradara, Michael Dudok de Witt. Dudok sendiri telah menciptakan berbagai karya, salah satunya adalah Father & Daughter, yang memenangkan Academy Award for Best Short Film tahun 2001.

https://www.youtube.com/watch?v=SaDuV4lpZ1E

Selamat sekali lagi untuk studio Ghibli 🙂 Tak perlu bersedih ya untuk fans Kimi no Na wa, Kingsglaive, dan Miss Hokusai. Sebagai fans anime, kita dukung film ini supaya menang Oscar Academy Award, tanggal 26 Februari besok 😉

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here