Festival Jepang yang diadakan siang sampai malam akhir januari (30/01/2016) menampilkan banyak performance di panggung yang bertempat di lapangan Lodaya, Bandung tersebut. Walaupun sempat diguyur hujan deras di sore hari dan acara sempat dihentikan untuk beberapa waktu, ditambah beceknya lapangan Lodaya, pengunjung tak kunjung surut untuk tetap menikmati jalannya Bandung Japan Festival.

Di sela padatnya Bandung Japan Festival, banyak juga performance-perfomance yang berkompetisi meramaikan acara tersebut, ada performance dari negeri sendiri yang dibawakan oleh anak-anak dari Sanggar Tari Putri Ayu yang menampilkan tarian di awal acara. Juga tak lupa beberapa kuliner Indonesia muncul di antara stand kuliner-kuliner Jepang. Ini mengingatkan agar kita jangan sampai lupa dengan budaya dari negeri tercinta kita ini. Dan karena festival ini bertempat di Bandung, banyak terdengar pengunjung memakai bahasa sunda, bahkan saat performance Cosplay Competition dan COS Battleground pun beberapa peserta memakai bahasa sunda yang membuat gelak tawa bagi penonton yang mengerti bahasa sunda tersebut.

130698

Duo MC Seru Bandung Japan Festival yaitu Tubagus Akmal dan Js Navi Annisa berhasil memeriahkan berbagai kompetisi. Ada Cosplay Competition yang mendatangkan Pinky Luxun dan Clarissa Punipun sebagai guest star sekaligus juri. Peserta Cosplay ada yang individu, ada juga yang team. Kali ini lebih seru, karena tidak hanya dari anime Jepang saja yang di Cosplay-kan oleh para peserta. Ada yang cosplay Spiderman, Black Widow, Captain America  dari Marvel, Queen Elsa dari Disney, bahkan ada Dora the Explorer beserta Diego dan Swipper. Seperti yang dikatakan sebelumnya, beberapa peserta coplay competition menggunakan bahasa sunda dalam performancenya. Ini membuat gelak tawa bagi yang mengerti bahasa sunda. Bahkan Queen Elsa yang di cosplaykan oleh pria menyanyikan lagu ‘Let it Go’ tentunya dengan bahasa sunda dan tarian ala Elsa-nya si Cosplayer.

Bandung Japan Festival

Bandung Japan Festival

Selain di Lapangan Lodaya, ada seminar tentang Digital Drawing yang dibawakan oleh Is Yuniarto yang diadakan di dalam GOR Lodaya. Selain seminar, Digital Drawing Competition juga di laksanakan di dalam GOR Lodaya.

130687

Kemudian, panggung diramaikan kembali oleh berbagai performance dari berbagai band dan dance cover. Ada Himawari, Kirari, Love Tune, Orion Shock, Yumi, Henohenomoeheji, Siloka Musik, Astro Paper, Scarlet, For the Youth, Lunatic Tokyo, Fairytails dan sebagai penutup Lumina Scarlet membawakan single pertamanya. Namun tak lupa ada penampilan dari Para Van Java yang mengkolaborasikan musik modern dengan alat musik tradisional yaitu angklung. Lagu yang dibawakan Para Van Java diantaranya Ost. One Punch Man dan Manuk Dadali.

2119

Bandung Japan Festival ini merupakan Festival kedua di Bandung. Festival pertama diadakan tahun 2014. Semoga acara ini bisa berlanjut ditiap tahunnya dan kian memberikan manfaat. Semoga tulisan ini bermanfaat.