Tempat pusat transportasi bisa menjadi spot dilakukannya berbagai hal menarik, apalagi di Jepang. Contohnya untuk stasiun kereta Jepang, disitu bisa dipasang iklan Netflix, perayaan berakhirnya Fairy Tail, atau mesin souvenir Kit-Kat yang canggih. Tapi selain stasiun, di bandara udara juga bisa ada hal seru yang diadakan disitu. Contohnya baru-baru ini adalah Bandara Narita yang mengadakan acara budaya Jepang gratis.

bandara narita

Bandara memang tempat yang penting sebagai tempat penghubung tak hanya antar-kota tapi bisa juga antar-negara. Karena itu sebuah bandara bisa dihiasi dengan desain dan dekorasi yang menunjukkan budaya dari kota atau negaranya, kadang bisa juga ada restoran atau toko souvenir.

Jadi sebuah Bandara bisa menjadi semacam chapter pembuka dan atau penutup dari perjalanan liburan turis. Karena itu apa yang dilakukan oleh Bandara Narita ini menjadi hal yang sangat menarik, dengan diadakannya Japan Culture Experience Event sepanjang bulan Maret.

bandara narita

Para pengunjung bandara yang mau mencoba mengikutinya akan bisa mendapatkan pengalaman budaya Jepang. Mereka bisa mengikuti kelas perkenalan budaya Shodou alias kaligrafi, pembuatan blok kayu Ukiyo-E, dan membuat boneka kertas dan layangan.

Atau buat yang misalkan hobi cosplay, juga bisa mencoba memakai baju Kimono, baju Ninja, bahkan armor Samurai. Dan bisa juga diambil fotonya. Dibagian Skyrium di Terminal 2 juga dibuat eksebisi Obi Kimono yang diikat berbentuk bunga, seperti menyambut datangnya musim semi.

Tapi uniknya, ternyata tak hanya budaya yang tradisional. Karena ada juga corner untuk yang mau coba membuat manga, yang bernama Manga Creator Experience. Yang mengikutinya bisa merasakan jadi mangaka pro, karena dipakai alat-alat profesional untuk memberi tinta dan screentone pada ilustrasi manga yang disediakan, yang hasilnya tentu bisa dibawa pulang.

Acara ini dilakukan setiap hari dari jam 2 sampai jam 6. Di lantai tiga Terminal 1 di ruangan event, dan Narita Sky Lounge Wa di Terminal 2. Untuk yang Manga Creator diadakan di Skyrium Terminal 2. Keduanya terletak pas diluar area pemrosesan imigrasi. Walau tak diberitahukan apakah corner tersebut akan dilakukan juga dengan bahasa Inggris atau full dalam bahasa Jepang.

Acara ini diadakan sepanjang bulan Maret. Tapi walau dilakukan setiap hari, masing-masing hari dan terminal memiliki jadwal aktivitas yang berbeda, jadi lebih baik berencana melihat tanggalnya bagi yang mau berkunjung dan mencobanya.