Banyak pihak yang berusaha memberikan bantuan dengan cara mereka tersendiri dalam situasi wabah virus corona ini. Contohnya dunia animanga di Jepang dimana banyak seri anime dan manga yang jadi bisa gratis ditonton dan dibaca secara gratis di internet, bahkan industri JAV juga ada ikutan. Contoh menarik yang baru adalah perusahaan mainan Bandai SEEDS yang memproduksi alat pelindung wajah.

Pasti sudah banyak yang tahu nama perusahaan Bandai Namco, yang suka membawakan game-game Jepang menarik ke region Asia Tenggara seperti Doraemon Story of Season. Mereka adalah salah satu perusahaan game terbesar di Jepang dan dunia dan juga pada level multinasional.

Tapi perusahaan tersebut tak hanya berkecimpung dalam dunia gaming, dengan mereka juga melakukan produksi mainan melalui sisi Bandai perusahaan itu, yang juga tak kalah besar dengan sisi game mereka dengan Bandai menjadi salah satu produser mainan terbesar dunia, dari mainan figure anime sampai mainan elektronik macam Tamagotchi.

Dan dengan ukurannya yang besar, tak begitu mengherankan kalau mereka memiliki beberapa anak perusahaan, dengan perusahaan SEEDS adalah salah satunya, yang bekerja memproduksi model plastik, mainan, sampai pachinko slot.

Tapi yang menarik adalah mereka juga memiliki sertifikat untuk memproduksi alat-alat kedokteran, dan hal tersebut terlihat baru-baru ini, dengan SEEDS memproduksi face shield alias alat pelindung wajah yang sering dipakai oleh dokter dan staff rumah sakit, dan kemudian menyumbang alat tersebut untuk membantu menghadapi wabah virus corona.

Tindakan yang sangat bagus, karena memang negara Jepang sedang membutuhkan bantuan tambahan face shield karena stoknya yang lagi rendah karena coronavirus tersebut. Dikabarkan kalau SEEDS telah menyumbangkan 10.000 set face shield kepada Asosiasi Medis Tokyo dan Rumah Sakit Memorial Kikuna.

Dan selain itu, Irie Kou sang presiden perusahaan juga secara pribadi menyumbangkan 20 set kepada Balai Kota Mibu di Tochigi, prefektur tempat perusahaan itu juga bermarkas, mengatakan kalau ia ingin membantu para ahli medis profesional yang bekerja menghadapi kesulitan di lapangan.